SOLOPOS.COM - Ilustrasi bawang putih. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

Harga kebutuhan pokok, pasokan bawang putih mulai sulit

Harianjogja.com, JOGJA — Paska-Lebaran, pasokan bawang putih di pasaran mulai sulit. Pedagang mengeluh karena pasokan yang diterima berkurang dari hari biasanya. Tak tanggung-tanggung, berkurangnya pasokan mencapai lebih dari 50%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Habis Idul Fitri kemarin agak susah nyarinya. Ini saja biasanya dikirimi 30 kilo [kilogram/kg] sekarang cuma 10 kilo saja,” kata salah satu pedagang di Pasar Demangan, Bejo, pada Harianjogja.com, Senin (18/7/2016).

Bawang putih yang mengalami kesulitan pasokan terjadi untuk jenis kating sementara jenis cinco dianggap masih aman. Jenis kating lebih banyak diminati ibu rumah tangga dan para pengusaha kuliner karena rasanya dinilai lebih harum.

Meski pasokan sulit, tetapi harga di pasaran tidak berubah. Hingga saat ini, Bejo masih menjual bawang putih dengan harga Rp36.000 per kg, sama ketika pasokannya aman sebelum Lebaran lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya