SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi (JIBI/Solopos/Dok.)

Harga kebutuhan pokok berupa jeroan sapi di Jateng bisa ditekan dalam kondisi normal, bahkan tanpa pasok jeroan sapi impor.

Semarangpos.com, SEMARANG — Jawa Tengah tidak mengajukan kebutuhan jeroan sapi karena stok lokal mencukupi. Demikian dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah Priyo Anggoro di Semarang, Jumat (22/7/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harga jeroan sapi di Jateng bisa ditekan dalam kondisi normal meskipun tanpa pasok jeroan sapi impor. “Lagi pula jeroan sapi bukan merupakan komoditas pokok di Jawa Tengah, jadi kebutuhan juga tidak banyak,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, sejauh ini permintaan dari masyarakat terkait jeroan sapi tidak terlalu banyak. “Konsumen sudah pandai, bagaimana dampaknya terhadap kesehatan jika terlalu sering mengonsumsi makanan ini,” katanya.

Oleh karena itu, terkait dengan rencana pemerintah yang akan mengimpor jeroan sapi tersebut, pihaknya menjamin tidak akan sampai ke Jawa Tengah.

Sementara itu, terkait dengan ketersediaan sapi, Jawa Tengah memiliki stok yang cukup banyak. Beberapa sentra sapi di Jateng antara lain adalah Kebumen, Boyolali, dan Rembang.

“Dari sisi harga, untuk daging sapi tidak ada kenaikan. Sejauh ini masih cukup stabil, untuk kualitas yang baik antara Rp100.000/kg-Rp110.000/kg. Sedangkan untuk jeroan juga pasti tidak ada kenaikan harga. Jadi kami belum membutuhkan impor daging maupun jeroan,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjelaskan kebijakan impor jeroan sapi merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk menekan harga, intervensi pasar, dan juga membentuk struktur pasar yang baru.

Amran menegaskan, kebijakan tersebut merupakan solusi yang ditawarkan pemerintah kepada rakyat dalam rangka pemenuhan protein di kalangan masyarakat dengan patokan harga kebutuhan pokok masyarakat itu tak mahal.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya