SOLOPOS.COM - Perdagangan daging ayam di Blok Daging, Pasar Raya Salatiga. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Harga kebutuhan pokok masyarakat dipantau langsung Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono bersama BBPOM Semarang di Pasar Raya I Salatiga.

Semarangpos.com, SALATIGA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Sri Puryono didampingi pegawai Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang, Senin (20/6/2016) pagi, memantau kesiapan pasar menjelang Lebaran 2016 langsung di Pasar Raya I Kota Salatiga. Mereka mengecek harga kebutuhan pokok masyarakat sekaligus memeriksa kemungkinan beredarnya makanan berbahaya.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Dalam kegiatan itu, BBPOM Semarang menemukan adanya produk teri nasi berformalin dan kerupuk serta rengginang yang mengandung zat pewarna kain Rhodamin B yang ditawarkan ke masyarakat. Atas temuan itu, BBPOM langsung memberikan pemberitahuan kepada para pedangang agar tidak menjual produk itu lagi. BBPOM juga akan menelusuri produsen produk itu sehingga tidak lagi mengedarkannya ke masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain menemukan produk yang menganduk zat pengawet formalin dan zat pewarna Rhodamin B yang dijual ke masyarakat, Sekda Jateng dan BBPOM juga menilai harga harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Raya I Kota Salatiga masih terkendali. Berdasarkan pantauan di pasar terbesar di Kota Salatiga itu, harga bawang merah masih berkisar Rp32.000/kg-Rp35.000/kg, bawang putih Rp35.000/kg, cabai rawit  merah Rp15.000/kg, beras C4 Rp9.000/kg-Rp9.500/kg, minyak kemasan sekitar Rp13.000/liter, telur Rp18.000/kg.

Sementara harga kebutuhan pokok masyarakat yang masih fluktuatif adalah gula pasir yang berkisar antara Rp14.000/kg- Rp16.500/kg. Terkait harga harga kebutuhan pokok masyarakat yang masih fluktuatif itu, Sekda menyatakan akan berkoordinasi dengan Bulog untuk melakukan pemantauan secara rutin, dan jika dianggap perlu menggelar operasi pasar.

“Secara umum harga-harga masih terkendali. Daging memang fluktuatif antara Rp85.000/kg-Rp120.000/kg. Tapi, rata-rata dijual Rp105.000/kg-Rp110.000/kg. Gula juga masih Rp14.000/kg-Rp16.500/kg. Di Bulog harga gula Rp12.500/kg. Oleh karenanya, itu jadi perhatian kami,” tutur Sri Puryono seperti dilansir situs resmi Pemprov Jateng, Senin malam.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya