SOLOPOS.COM - Foto Pasar Beringharjo JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Pasar Beringharjo
JIBI/Harian Jogja/Antara

JOGJA-Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memantau harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional terbesar di Kota Jogja, Beringharjo, Senin (27/5), untuk mengetahui perkembangan dan pasokan bahan kebutuhan pokok menjelang bulan puasa dan lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Gita Wirjawan dan rombongan datang ke pasar tradisional tersebut melalui pintu timur sekitar pukul 09.30 WIB dan langsung melakukan pantauan di los daging yang berada di lantai satu pasar.

Ia menyatakan, pemantauan harga bahan kebutuhan pokok tersebut merupakan upaya antisipasi memasuki Bulan Puasa yang akan dimulai pada awal Juli.

“Kementerian akan terus melakukan pemantauan secara intensif ke pasar-pasar tradisional. Sebelum ke Beringharjo, juga dilakukan pemantauan di Pasar Kosambi Bandung,” katanya.

Ia menambahkan, terdapat sejumlah bahan kebutuhan yang harga jualnya cukup tinggi seperti daging sapi yang masih dijual dengan harga antara Rp85.000 hingga Rp90.000.

“Kami akan upayakan agar harga bisa ditekan dengan terus melakukan pemantauan dan menjaga pasokan,” katanya.

Menteri juga meminta agar masyarakat tetap melakukan pembelian bahan kebutuhan pokok secara wajar dan tidak berlebihan menjelang puasa dan Lebaran.

“Menjelang puasa dan Lebaran, permintaan masyarakat cenderung lebih tinggi dibanding hari biasa sehingga dengan melakukan pembelian berlebihan akan memicu kenaikan harga. Masyarakat seharusnya tidak perlu khawatir karena pemerintah akan terus menjaga ketersediaan bahan kebutuhan pokok,” katanya.

Menteri Gita yang mengenakan kemeja putih itu melakukan pemantauan harga di Pasar Beringharjo selama sekitar 30 menit.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya