SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harga kebutuhan pokok untuk cabai terus menurun.

Harianjogja.com, JOGJA—Harga cabai yang sempat melambung beberapa waktu lalu berangsur turun dan tidak setinggi saat menyentuh Rp60.000 per kg.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lurah Pasar Beringharjo Sumarno mengungkapkan, harga cabai merah keriting saat ini sudah turun menjadi Rp30.000 per kg. Menurutnya, harga di lapangan naik dan turun tergantung dari beberapa hal. Pertama, terkait pasokan. Saat pasokan melimpah, harga di pasar akan turun dan saat pasokan menipis, harga akan naik.

Salah satu pedagang di Pasar Berinharjo Paijem mengatakan, saat harga tinggi para pedagang tidak menyebutnya sebagai  kenaikan harga tetapi sebagai pergantian harga. Hal itu biasa terjadi dalam kurun waktu yang berbeda-beda. Naik turunnya harga bisa terjadi dalam sehari atau seminggu.

“Saat harga naik, pembelinya tetap ada tidak berkurang. Yang berkurang adalah banyaknya belanjaan mereka. Misal, dari satu kg menjadi setengah kg,” papar dia, Jumat (25/3/2016).

Pedagang lainnya Warti mengatakan, para pedagang tidak terlalu heran dengan perubahan harga. Hal itu disebabkan harga dari pemasok juga berubah-ubah setiap harinya sehingga pedagang di pasaran hanya bisa mengikuti perubahan itu. “ harga cabai itu bisa berubah dalam hitungan jam. Pagi harga segini, siang sudah beda lagi. Jadi cepat sekali ganti harga,” ujar dia.

Sementara itu, dari data dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UMK) DIY terlihat harga rata-rata cabai merah keriting Rp27.666 per kg, cabai merah besar Rp34.333 per kg, cabai rawit hijau Rp29.333 per kg, cabai rawit merah Rp46.333 per kg, bawang merah Rp36.666 per kg, dan bawang  putih Rp35.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya