SOLOPOS.COM - Sugianto bersyukur penjualan Teri naik pada Lebaran ini. (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Harga kebutuhan pokok seperti ikan asin mengalami penurunan penjualan.

Harianjogja.com, JOGJA- Pada musim Lebaran tahun ini, hampir semua sektor usaha terpukul akibat perlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Tak terkecuali, penjualan ikan asin di Pasar Beringharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Sugianto, salah seorang penjual ikan asin, jika tahun lalu ia mampu meraup keuntungan besar dari penjualan ikan asin namun tahun ini harapnya buyar. Sebab, penjualan ikan asin menjelang Lebaran tahun ini justru turun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tidak mengalami peningkatan sama sekali. Permintaan juga biasa,” keluh Sugianto saat menjawab pertanyaan Bisnis.com, Selasa (14/7/2015).

Padahal, sejak jauh hari dia berharap berkah pada Ramadan dan Lebaran tahun ini. Stok pun ditambah demi memenuhi permintaan pasar yang biasanya tinggi. Sayang, perkiraannya meleset. Stok ikan asin masih menumpuk, dan hanya sebagian yang terjual.

“Saya jauh-jauh hari sudah minta kiriman dari Pasuruan, Demak bahkan Tuban. Soalnya, stok di Jogja kurang bisa memenuhi permintaan,” katanya.

?Ditanya soal penyebabnya, Sugianto mensinyalir masalah perlambatan ekonomi menjadi penyebabnya. Sebab, daya beli masyarakat jadi turun sejak perekonomian Indonesia melambat. “Parahnya, lebaran tahun ini juga bersamaan dengan pendaftaran sekolah dan kuliah. Orang cenderung tidak banyak belanja, demi membayar biaya pendidikan,” tandasnya.

Beruntung, dia dibantu dengan banyaknya pengusaha angkringan di DIY. Sebab, penjualan ikan teri asin selama sepekan ia mampu menjual sebanyak 5 kuintal.

“Harganya saya patok Rp32.000 per kg. Ini karena banyak usaha angkringan di Jogja. Teri yang membantu penjualan saya lebaran ini,” ujarnya sambil bersyukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya