HARGA KEBUTUHAN POKOK : Jelang Ramadan, Bawang Merah Rp35.000/kg

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Jelang Ramadan, Bawang Merah Rp35.000/kg

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Dok)

Harga kebutuhan pokok naik menjelang Ramadan. Bawang merah kini sentuh harga hingga Rp35.000/kg.

Solopos.com, KLATEN – Harga bawang merah melonjak menjelang Ramadan yang jatuh pada Juni mendatang. Selama sepekan terakhir, kenaikan harga bawang merah sekitar Rp5.000/kg.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Klaten, Isti, mengatakan sepekan lalu harga bawang merah Rp22.000-25.000/kg. Harga itu meningkat menjadi sekitar Rp30.000/kg. Dia menjelaskan pasokan bawang merah selama ini datang dari wilayah Brebes.

Namun, sepekan terakhir ia juga membeli bawang merah pasokan dari para petani wilayah Probolinggo.

“Untuk bawang yang didatangkan dari Brebes harganya sekarang Rp35.000/kg sementara untuk dari Probolinggo sekitar Rp28.000/kg. Tetapi, kalau kualitas bagus yang dari Brebes,” jelas dia saat ditemui wartawan di Pasar Klaten, Senin (25/5/2015).

Isti tak tahu pasti penyebab kenaikan harga tersebut. Namun, kenaikan itu biasa terjadi ketika Ramadan tiba. Disinggung dampak dari kenaikan harga bawang merah itu, ia mengatakan jumlah pembeli berkurang. Ia memperkirakan kondisi itu terjadi hingga menjelang Ramadan tiba.

Pedagang sembako lainnya, Marini, juga menjelaskan harga bawang merah saat ini sekitar Rp32.000/kg. Ia memperkirakan kenaikan itu terjadi lantaran stok barang yang didatangkan menipis.

“[Harga] Naik ya karena tidak barang,” kata dia.

Kepala Disperindagkop dan UMKM Klaten, Sugeng Haryanto, menjelaskan meningkatnya harga kebutuhan pokok termasuk bawang merah kerap terjadi menjelang Ramadan.

Warga biasanya menggelar kegiatan budaya seperti nyadran hingga mereka membeli kebutuhan pokok dalam jumlah besar.

“Karena ada kegiatan budaya, yang dari luar kota pulang kampung hingga permintaan kebutuhan pokok meningkat. Kondisi ini biasa terjadi ketika Ramadan tiba,” jelas dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.