SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang barang kebutuhan pokok (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Harga kebutuhan pokok di pasar Pekalongan terkerek meningkatnya .permintaan konsumen

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN — Harga sejumlah barang kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah merangkak naik memasuki sepekan awal Ramadan 2015. Harga sembako itu meningkat menyusul peningkatan permintaan masyarakat terhadap beras, daging, dan minyak goreng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Pekalongan Teguh Isdaryanto di Pekalongan, Jumat (26/6/2015), mengatakan harga besar IR 64 yang semula Rp8.000/kg naik menjadi Rp8.500/kg, daging ayam broiler yang semula Rp30.000/kg naik menjadi Rp30.600/kg, dan cabai rawit Rp17.000/kg naik Rp17.500/kg.

“Secara umum harga beras dan daging ayam masih relatif stabil sedang kenaikan cabai karena dipicu naiknya biaya operasional,” katanya,” katanya.

Menurut dia, kenaikan harga komoditas kelompok perikanan dan peternakan memang terjadi pada ayam broiler karena adanya penambahan biaya operasional pada produsen.

Untuk harga minyak goreng curah, kata dia, semula Rp10.500/kg naik menjadi Rp11.000/kg.
“Kenaikan harga terjadi pada komoditas sembako. Akan tetapi, untuk harga bawang merah justru semula Rp32 ribu/kg turun menjadi Rp29.500/kg,” katanya.

Ia mengatakan kenaikan harga sembako diperkirakan akan terus terjadi hingga menjelang Lebaran 2015 mendatang seiring dengan meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap bahan komoditas. “Akan tetapi, kami minta masyarakat tidak perlu khawatir karena pasokan komoditas sembako masih relatif tercukupi,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya