SOLOPOS.COM - Ilustrasi perdagangan ikan laut di pasar tradisional. (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Harga kebutuhan pokok jenis ikan laut di pasar tradisional di Kota Semarang naik hingga dua kali lipat.

Semarangpos.com, SEMARANG — Harga ikan laut di pasar tradisional Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. Kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat itu diduga akibat menurunnya volume hasil tangkapan para nelayan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat hingga dua kali lipat itu diungkapkan Endang Rohmanah, pedagang ikan laut di Pasar Johar, Kota Semarang, Rabu (10/8/2016). Menurut dia, pada bulan Agustus 2016 ini, kenaikan harga hingga dua kali kondisi normal itu terjadi pada hampir seluruh jenis ikan laut.

Beberapa jenis ikan yang mengalami kenaikan harga itu antara lain ikan patin dari sebelumnya Rp15.000/kg menjadi Rp30.000/kg, udang dari sebelumnya Rp40.000/kg menjadi Rp60.000/kg. Sementara harga cumi-cumi yang sebelumnya Rp35.000/kg kini Rp60.000/kg, pindang salam dari Rp6.000/kg telah menjadi Rp15.000/kg, bandeng dari Rp20.000/kg kini Rp40.000/kg, dan sotong dari semula Rp35.000/kg kini Rp60.000/kg.

Endang mengatakan kenaikan harga tersebut sudah terjadi di tingkat nelayan. Menurut mereka, cuaca panas berdampak pada menurunnya volume ikan yang berenang di permukaan air.

Akibat kenaikan harga tersebut, jumlah pembeli diakui Endang menjadi berkurang. Selain itu, jika biasanya mereka membeli banyak, maka sejak terjadi kenaikan ikan laut itu, mereka mengurangi kouantitas pembelian.

Sebelumnya, Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Tengah Ali Mulyono mengatakan saat ini belum menjadi puncak panen bagi nelayan. Jika melihat musim, puncak panen akan terjadi pada bulan depan. Bahkan, pada saat itu para nelayan dapat dua kali melaut setiap harinya.

“Nelayan biasanya melaut dari pagi hingga siang, selanjutnya mereka sandar untuk menjual hasil tangkapannya. Setelah itu mereka kembali melaut dari siang hingga sore. Jadi kenaikan volume tangkapan bisa sampai dua kali lipat,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya