SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga kebutuhan pokok jenis cabai rawit beranjak turun seiring berlalunya Iduladha dan hari tasyrik 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — Harga kebutuhan pokok—salah satunya cabai rawit—mulai mengalami penurunan seusai Iduladha dan hari tasyrik 2016. Hal itu dipicu kembali normalnya permintaan cabai di pasaran.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

“Sejak sebelum Idul Adha lalu harga cabai rawit mengalami kenaikan cukup besar, jika biasanya Rp15.000/kg sempat naik jadi Rp40.000/kg,” kata Sumirah, salah seorang pedagang komoditas pokok di Pasar Karangayu, Kota Semarang, Rabu (14/9/2016).

Menurut dia, saat ini, harga kebutuhan pokok tersebut sudah berada pada kisaran Rp30.000/kg. Penurunan harga cabai rawit itu, menurutnya mulai terjadi Rabu.

Meskipun harga sempat naik signifikan, jumlah pembeli menurutnya tidak mengalami penurunan karena semua membutuhkan bumbu masakan untuk memasak daging kurban. “Saya yang biasa kulakan di Pasar Johar juga agak kaget kok naiknya tiba-tiba, tetapi dari Johar sendiri bilang naik berapapun tetap laku karena yang butuh banyak,” katanya.

Selain cabai rawit, yang juga mengalami kenaikan harga adalah cabai merah besar. Jika pada hari normal harganya Rp30.000/kg menjelang Iduladha 2016 lalu naik menjadi Rp40.000/kg-Rp45.000/kg. Namun kini harganya sudah mulai turun menjadi Rp35.000/kg.

Sementara itu, harga cabai hijau brtada pada kisaran Rp13.000/kg-Rp14.000/kg saat ini naik menjadi Rp20.000/kg. Berbeda dengan cabai jenis lain, untuk cabai hijau besar hingga saat ini belum mengalami penurunan harga.

Berbeda dengan Sumirah, pedagang lain bernama Yanti mengatakan saat ini masih menjual cabai rawit sedikit lebih mahal, yaitu Rp35.000/kg. Harga tersebut sudah turun jika dibandingkan menjelang dan saat Iduladha 2016 yang mencapai Rp40.000/kg.

Sedangkan untuk cabai merah besar harganya mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu dari Rp28.000/kg menjadi Rp40.000/kg. Hingga saat ini belum ada penurunan harga untuk cabai jenis tersebut.

Sedangkan, untuk komoditas bumbu masak lain, yaitu bawang merah dan putih, harganya cukup stabil. Salah satu pedagang Kembar mengatakan bawang merah saat ini harganya Rp37.000/kg, sementara itu bawang putih berada pada kisaran Rp35.000/kg.

Dikatakannya, menjelang Iduladha 2016 harga keduanya naik senilai Rp3.000/kg namun saat ini sudah kembali normal. “Kalau bawang merah dan putih memang biasa naik turun, jadi pembeli juga sudah tidak kaget,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya