SOLOPOS.COM - Painah ketika berjualan di Pasar Kranggan, Jogja, Rabu (20/7/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokok untuk sejumlah komoditas masih bertahan tinggi

Harianjogja.com, JOGJA–Usai masa libur Lebaran, beberapa harga bahan pangan alami kenaikan seperti harga eceran bawang merah yang mencapai Rp40.000 per kg.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Satu penjual bahan pangan di Pasar Kranggan, Jogja Painah mengatakan, kenaikan harga itu terjadi karena pasokan ke pasar ada penurunan. Disinyalir panenan bawang merah mulai berkurang.

“Kalau eceran sekarang Rp40.000 per kg karena bawang merahnya sudah melalui proses pemilihan sehingga memang bagus-bagus semua,” kata dia kepada Harianjogja.com ketika ditemui di Pasar Kranggan, Jogja, Rabu (20/7/2016).

Kenaikan harga itu juga terjadi pada bahan pangan cabai rawit merah yang menyentuh angka Rp36.000 per kg. Kenaikan itu juga disebabkan pasokan yang berkurang, sedangkan permintaan tetap banyak.

Berbeda dengan harga beberapa sayuran lain yang mengalami penurunan. Pekan lalu, harga bahan pangan kelompok sayuran cenderung tinggi karena pasokan kurang. Namun, saat ini harga sayuran mulai turun. Harga sawi saat ini Rp5.000 per kg, sedangkan tomat antara Rp5.000 per kg dan Rp6.000 per kg.

Beberapa harga juga masih bertahan di angka yang cukup tinggi. Ia menyebutkan, harga bawang putih masih di kisaran Rp36.000 per kg dan gula pasir di angka Rp15.000 per kg. “Kalau telur sudah turun sekarang jadi Rp19.000 per kg,” kata dia.

Pedagang lainnya Sulami mengatakan, pada pekan sebelumnya, harga sayuran juga mulai turun meskipun belum kembali ke harga normalnya.

Harga kentang besar Rp20.000 per kg, kentang kecil per kg Rp16.000, wortel per kg Rp15.000, tomat Rp9.000 per kg, buncis, kol, dan sawi sama-sama Rp7.000 per kg, dan terong Rp6.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya