SOLOPOS.COM - Murtini, pedagang daging ayam di Pasar Arjowinangun Pacitan, menunggu pembeli, Minggu (19/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Harga kebutuhan pokok berupa daging ayam dan daging sapi di Pacitan terpantau stabil tinggi.

Madiunpos.com, PACITAN — Harga daging sapi dan daging ayam di Pacitan masih stabil tinggi hingga pertengahan Ramadan. Harga daging sapi dan daging ayam diprediksi meningkat mendekati Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penjual daging sapi di Pasar Arjowinangun Pacitan, Siti Kustini, mengatakan harga daging sapi sejak awal Ramadan mencapai Rp125.000/kg. Harga ini terus stabil hingga pertengahan bulan Ramadan.

Dia menyebutkan sebenarnya harga daging sapi di Pacitan telah turun karena sebelum Ramadan harga daging sapi mencapai Rp130.000/kg. Kustini mengakui harga daging di Pacitan memang lebih tinggi dibandingkan harga daging sapi di kabupaten tetangga.

Menurut dia, harga tinggi tersebut dikarenakan harga sapi sendiri naik mulai Rp27 juta/ekor hingga Rp30 juta/ekor.

“Harga sapinya sendiri sudah naik, jadi mau tidak mau pedagang juga harus menaikkan harga. Ini memang masih stabil tinggi,” kata dia kepada Madiunpos.com di kiosnya di Pasar Arjowinangun, Minggu (19/6/2016).

Dia memprediksi menjelang Lebaran kebutuhan daging sapi meningkat berkali-kali lipat, sehingga pedagang biasanya juga menyiapkan daging hingga satu kuintal. Untuk harga biasanya juga naik menjadi Rp140.000/kg.

“Kebutuhan saat Lebaran pasti naik lah, untuk itu biasanya daging disediakan banyak. Soalnya kan banyak orang Pacitan yang merantau pulang dan pada saat  hari raya kan ingin memakan daging,” jelas warga Desa Ploso, Kecamatan Pacitan.

Pedagang daging ayam potong di pasar Arjowinangun, Murtini, menyampaikan untuk harga daging ayam saat ini masih stabil tinggi yaitu Rp38.000/kg. Dia mengakui belum ada kenaikan sejak awal Ramadan hingga pertengahan Ramadan.

Dia menuturkan selama Ramadan memang ada penurunan konsumen daging ayam. Hal ini karena sebagian besar konsumen daging ayam yang merupakan pedagang warung makanan tidak buka saat puasa.

Lebih lanjut, dia juga memprediksi menjelang lebaran harga daging ayam potong naik hingga Rp45.000/kg. “Pasti naik, seperti tahun-tahun sebelumnya. Soalnya kebutuhan daging biasanya juga meningkat pada saat menjelang lebaran,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya