SOLOPOS.COM - Ilustrasi telur (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA- Harga berbagai kebutuhan pokok di wilayah Jogja pada awal pekan ini masih fluktuatif.

Pantauan Harianjogja.com pada Senin (9/6/2014) menunjukkan harga sejumlah komoditas di Pasar Beringharjo masih fluktuatif. Sebagian komoditas turun harga dibanding minggu sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harga telur misalnya, untuk ukuran yang kecil saat ini bertengger di angka Rp19.000 perkilogram atau turun Rp1.000. Sementara, telur ras untuk ukuran yang besar turun, dari rerata dijual Rp18.000 perkilogram.

“Ya ada penurunan harga dibanding minggu lalu. Saat ini hanya untuk menghabiskan stok sampai akhir bulan saja,” jelas Suryani penjual telur.

Menurutnya, harga tersebut kemungkinan akan bertahan hingga beberapa hari sebelum masuk bulan Puasa. Ia menjelaskan, kenaikan harga telur dua minggu lalu lebih disebabkan karena musim liburan.

Pasalnya, pasokan telur baik dari Kaliurang maupun Solo relatif lancar dan tidak ada kendala. “Kalau musim liburan kemarin, banyak warung-warung gudeg yang meminta pasokan. Hal sama juga akan terjadi pada seminggu sebelum lebaran. Biasanya ada penambahan 500 butir hingga 1.000 butir untuk satu warung gudeg,” terang Suryani.

Hal senada disampaikan Sumiyati, pedagang daging di Pasar Beringharjo. Menurutnya, masa liburan sangat berpengaruh meningkatkan harga jual daging.

Harga daging ayam misalnya, saat ini masih dipatok Rp29.000 per kg. Dalam sehari dia mampu menjual antara 30 hingga 50 kg daging ayam.

“Harga ini kemungkinan akan naik beberapa hari sebelum puasa. Tapi saya tidak bisa memastikan berapa kenaikan harganya. Untuk pasokan tidak ada masalah,” ujar Sumiyati.

Terkait pasokan daging ayam, dia mengaku tidak ada persoalan. Sebab, selama ini pasokan daging dari Segoroyoso Bantul tidak mengalami kendala.

“Kalau harga daging ayam relatif stabil. Berbeda dengan harga daging sapi yang dimungkinkan terus mengalami kenaikan. Saat ini saja, harganya mencapai Rp100.000 perkg atau naik sekitar Rp5.000,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya