SOLOPOS.COM - Penjual daging ayam di Pasar Wates, Selasa (12/7/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokok di Kulonprogo mulai turun

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pasca Lebaran, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Wates terpantau mulai turun pekan ini. Turunnya harga ini diperkirakan karena stok kebutuhan yang mulai kembali mencukupi dan permintaan masyarakat yang mulai kembali normal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nyaris sepakan setelah Lebaran, harga daging sapi mulai kembali normal. Tumilah, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Wates mengatakan bahwa kini harganya Rp140.000 per kilogram untuk daging tanpa lemak. Sementara itu, daging sapi yang masih mengandung lemak dijual dengan harga Rp125.000 per kilogram.

“Kalo tetelan sekarang Rp60.000, turun semua,” ujarnya saat ditemui ketika melayani pembeli, Selasa (12/7/2016).

Sebelumnya, harga daging sapi sehari sebelum Lebaran saat meningkat tajam hingga Rp160.000 per kilogram. Selain harganya yang mulai turun,Tumilah mengatakan bahwa minat pembeli juga sudah mulai menurun.

Pasalnya, jelang Lebaran banyak perantau yang kembali ke Kulonprogo dan memiliki daya beli yang lebih tinggi.

Sementara itu, daging ayam juga ikut turun menjadi Rp38.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp40.000. Meski demikian, sejumlah pembeli masih mempertanyakan harga daging ayam yang tak juga turun.

Sri Wartini, salah satu pembeli asal Wates mengatakan bahwa ia mengharapkan harga daging ayam bisa kembali normal sebagaimana sebelum memasuki bulan Ramadan yang hanya berkisar Rp32.000 per kilogram.

Karena harganya yang masih relatif mahal baginya, ia hanya membeli ayam sebanyak 4ons seharga Rp15.000 guna menyiasati kebutuhan. Marni, pedagang ayam menyebutkan bahwa ia merasa tidak enak kepada pembelinya yang terus-terusan menanyakan harga ayam yang tak juga turun.

“Sampai tidak enak, semua nanya kenapa kok belum turun,” keluhnya. Namun, ia mengakui bahwa harga ayam jarang turun secara signifikan apabila sebelumnya naik ketika masa Lebaran.

Sementara itu, sejumlah sayuran segar dan bumbu juga mengalami penurunan harga pekan ini. Padahal, harga sejumlah kebutuhan pokok ini sempat mengalami kenaikan beberapa hari pasca Lebaran.

Fitri, pedagang sayuran di Pasar Wates menjelaskan bahwa kenaikan sebelumnya kemungkinan disebabkan para petani dan pemasok sempat libur karena merayakan Lebaran. Akibatnya, stok barang terbatas dan harganya ikut naik.

“Sekarang kan semua sudah beraktivitas normal, harganya juga ikut biasa saja,”jelasnya.

Berdasarkan pantauan, harga wortel kini Rp18.000 per kilogram, telur Rp19.500 per kilogram, bawang merah Rp40.000 per kilogram, dan cabe rawit Rp25.000 per kilogram.

Fitri menyebutkan bahwa hanya kentang yang kini masih cenderung mahal yakni berkisar Rp16.000-Rp20.000 per kilogram tergantung jenisnya masing-masing. Sebelumnya, satu kilogram kentang hanya mencapai harga Rp13.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya