SOLOPOS.COM - Yumaroh sedang berjualan daging ayam di Pasar Sentul, Jogja, Jumat (21/8/2015). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harga kebutuhan pokok untuk daging ayam mengalami penurunan.

Harianjogja.com, JOGJA-Harga daging ayam di pasaran mulai turun. Harga daging ayam menyentuh angka Rp33.000 per kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu pedagang di Pasar Sentul, Jogja Yumaroh mengatakan, penurunan harga daging ayam terjadi sejak Rabu (19/8). Harga ayam mengalami penurunan Rp1.000 per kg. “Baru saja turunnya. Baru kemarin [Rabu],” ujar dia kepada Harian Jogja di Pasar Sentul, Jogja, Jumat (21/8/2015)

Yumaroh mengatakan, daging ayam yang dijual dipasok dari peternakan di Bantul. Setiap hari dia menjual 50 kg daging ayam. Menurutnya, permintaan pasar stabil. Hampir setiap hari, ia bisa menjual semua dagangannya.

Sementara, untuk harga beras di Jogja dirasakan ada kenaikan. Arya Kusuma dari Bagian Perdagangan Dalam Negeri (Dagri) Disperindagkop UMKM DIY mengatakan, dari pantauan di tiga pasar di Jogja yakni Demangan, Beringharjo, dan Kranggan, harga beras menunjukkan peningkatan meskipun tidak signifikan. Untuk beras IR I rata-rata dijual Rp10.000 per kg atau mengalami kenaikan Rp100 per kg, sedangkan, beras IR dua rata-rata dijual Rp9.333 per kg atau mengalami kenaikan Rp100 per kg.

“Kenaikannya kecil sehingga tidak begitu terasa,” ujar dia.

Lurah Pasar Beringharjo Timur Sumarno mengungkapkan, harga bahan pangan masih terpantau stabil. Harga daging sapi masih di angka Rp116.000 per kg untuk kualitas satu, Rp106.000 per kg untuk kualitas dua, dan Rp100.000 untuk kualitas tiga. “Harganya stabil. Untuk sayuran dan cabai juga masih sama,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya