SOLOPOS.COM - Pedagang daging ayam di Pasar Besar Kota Madiun, Rabu (24/2/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas daging ayam di Kota Madiun turun hingga Rp9.000/kg dari semula Rp36.000/kg menjadi Rp25.000/kg.  

Madiunpos.com, MADIUN — Harga daging ayam di Kota Madiun pada pekan ini turun hingga Rp9.000/kg atau seharga Rp25.000/kg dari harga sebelumnya, Rp36.000/kg. Diperkirakan, penurunan harga daging ayam ini karena peternak ayam di sejumlah daerah panen bersamaan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Seorang pedagang daging di Pasar Besar, Kota Madiun, Sri Purwani, mengatakan sudah sepekan harga daging ayam di Madiun turun. Padahal, beberapa pekan lalu harga daging ayam di Madiun terus mengalami kenaikan hingga puncaknya Rp36.000/kg.

Sri mengatakan penurunan harga daging ayam ini diperkirakan karena ketersediaan barang yang terlalu banyak. Sejumlah peternakan ayam potong di Madiun diduganya panen bersamaan, padahal permintaan daging ayam kini justru semakin menurun.

“Kalau permintaannya banyak ya pasti harganya stabil. Ini daging ayam harganya turun karena ketersediaan barang melimpah, tetapi permintaan sedikit, sehingga harga pun anjlok,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com di Pasar Besar, Rabu (24/2/2016).

Menurut dia, beberapa pekan lalu harga daging ayam memang sempat terus mengalami kenaikan. Pada saat itu, konsumen justru berkurang karena menganggap harga daging ayam terlalu mahal.

Namun, penurunan harga itu tidak berpengaruh pada harga daging ayam kampung. Saat ini, kata Sri, harga daging ayam kampung di Madiun masih stabil tinggi, yaitu Rp50.000/kg.

“Setiap hari, saya hanya mengambil daging ayam 70 kg, itu pun sering tidak habis. Biasanya daging ayam yang tidak laku terus dimasukkan ke lemari pendingin dan keesokan harinya dijual dengan harga yang lebih murah,” terang dia.

Bumbu Dapur Naik
Sementara itu, untuk harga kebutuhan pokok komoditas cabai, bawang putih, dan bawang merah mengalami kenaikan harga.

Pedagang bumbu dapur dan sayur di Pasar Besar, Darmi, mengatakan sepekan terakhir harga beberapa jenis cabai mengalami kenaikan, seperti cabai rawit kecil saat ini seharga Rp20.000/kg yang sebelumnya hanya Rp18.000/kg. Untuk cabai keriting yang awalnya Rp15.000/kg, saat ini seharga Rp18.000/kg. Sedangkan harga cabai merah besar masih stabil tinggi yaitu Rp35.000/kg.

“Untuk harga bawang putih juga mengalami kenaikan beberapa waktu lalu seharga Rp24.000/kg, tetapi saat ini harganya sudah mencapai Rp28.000/kg,” ujar dia.

Darmi tidak mengetahui penyebab kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan pokok itu. Dia menuturkan harga dari petani memang tinggi, sehingga harga jual dari pedagang pun ikut naik.

“Musim penghujan seperti ini, biasanya kami tidak berani mengambil barang banyak-banyak karena takut busuk. Seperti bawang merah, itu kalau disimpan dalam keadaan basah kan cepat membusuk,” ujar dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya