SOLOPOS.COM - Seorang pekerja salah satu pedagang cabai di Pasar Legi, Santo, memilah-milah cabai yang ada di kios setempat, Senin (14/11/2016). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Harga kebutuhan pokok yakni cabai masih tinggi.

Solopos.com, SOLO — Harga jual cabai merah dan cabai keriting merah tingkat pengecer di Pasar Legi Solo masih tinggi di kisaran Rp55.000/kilogram (kg).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut salah satu pedagang cabai di pasar tersebut, Mei Yudi Astuti, mengungkapkan harga cabai tersebut justru cenderung turun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kamis-Jumat [10-11/11/2016] lalu, malah saya jual cabai merah Rp60.000/kg. Lalu harganya turun Rp1.000/kg-Rp2.000/kg per hari, jadi harganya segitu [Rp55.000/kg] sekarang,” papar dia saat berbincang dengan  di kiosnya, Senin (14/11/2016).

Pedagang cabai lain, Santo, menyebutkan selain harganya tinggi, dia harus menyortir beberapa biji cabai merah karena busuk. “Dari 30 kg cabai merah yang saya beli, ada 1,5 sampai 2 kg cabai yang busuk. Jadi saya pilah dan saya buang yang busuk itu,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu pemasok cabai di Pasar Legi, Iwan Guruh, mengatakan harga cabai merah dan cabai keriting merah lantaran petani cabai lokal gagal panen.

“Petani cabai dari Sragen gagal panen. Banyak panenannya yang membusuk lantaran musim hujan dan terserang penyakit. Jadi saya masih mengambil komoditas tersebut dari petani yang ada di Lumajang dan Banyuwangi. Oleh karena itu stok cabai merah hanya sedikit dan membuat harganya melambung,” kata dia.

Selain itu, harga bawang merah juga melonjak dari yang semula Rp35.000/kg kini Rp45.000/kg. salah satu pedagang di Pasar Legi, Tri Rahayu, menyebutkan kenaikan harga bawang merah terjadi sejak sepekan yang lalu.

Di sisi lain, harga bawang merah cenderung stabil Rp35.000/kg. harga cabai jenis lain juga tidak mengalami kenaikan. Cabai rawit putih masih Rp26.000/kg, cabai rawit merah tetap Rp48.000/kg, dan harga cabai hijau stabil Rp19.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya