SOLOPOS.COM - Salah satu pedagang cabai di Pasar Legi Solo, Mei Yudi Astuti, menyortir cabai rawit merah dengan tampah, Minggu (30/10/2016). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Harga kebutuhan pokok, harga cabai merah yang sempat melambung berangsur-angsur turun.

Solopos.com, SOLO — Harga cabai merah besar dan cabai merah keriting di Pasar Legi Solo berangsur-angsur turun sejak Jumat (28/10/2016).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Harga cabai merah besar yang sempat mencapai Rp60.000/kilogram (kg) sepekan lalu, kini menjadi Rp55.000/kg. Kondisi serupa juga terjadi pada cabai rawit merah yang sepekan lalu masih Rp60.000/kg kini jadi Rp55.000/kg.

Salah satu pedagang cabai di pasar tersebut, Mei Yudi Astuti, mengatakan penurunan harga cabai disebabkan pasokan cabai yang berangsur normal. “Waktu cabai merah besar dan cabai merah keriting menyentuh harga Rp60.000/kg sepekan lalu karena stok cabai merah benar-benar kosong. Stok cabai kosong karena sebagian besar diambil pabrik sambal. Sudah gagal panen, stoknya sedikit, sebagian besar [stoknya] diambil pabrik sambal pula makanya harganya melambung,” terang dia kepada Solopos.com di losnya, Minggu (30/10/2016).

Mei memprediksi stok cabai akan berangsur membaik kendati cuaca buruk masih mengintai. “Mungkin bulan depan sudah normal lagi stoknya karena biasanya bulan November merupakan masa panen raya cabai,” imbuh dia.

Di sisi lain, harga jenis cabai lain masih stabil. Cabai hijau masih Rp20.000/kg, cabai rawit merah Rp35.000/kg, dan cabai rawit putih tetap Rp20.000/kg.

Sementara itu harga bawang merah kembali naik. Lima hari lalu bawang merah seharga Rp25.000/kg kini jadi Rp35.000/kg. Kondisi yang sama terjadi pada komoditas bawang putih.

Lima hari yang lalu harga bawang putih Rp30.000/kg sekarang naik menjadi Rp32.000/kg. Salah satu pedagang bawang di Pasar Legi Solo, Tri Rahayu, mengungkapkan kenaikan harga bawang merah dikarenakan masalah klasik, yakni hasil panen menurun.

Panen bawang merah yang menurun tersebut disebabkan cuaca buruk yang terjadi belakangan ini. “Kalau bawang putih enggak tahu penyebabnya, soalnya kan ini [bawang putih] barang impor,” kata dia.

Di sisi lain, dari pantauan Solopos.com, harga beberapa komoditas di Pasar Legi Solo masih stabil. Harga telur ayam ras masih Rp17.000/kg dan harga daging ayam ras tetap Rp28.000/kg.

Di samping itu, harga sayuran di pasar tersebut masih normal. Namun, pasokan tomat menipis, hanya beberapa pedagang sayuran yang menjual tomat.

Salah satu pedagang sayuran di pasar tersebut, Sri Rahayu, mengungkapkan pasokan tomat memang jarang ada saat Minggu. “Tapi harganya tetap Rp7.000/kg,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya