SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang beras (JIBI/Solopos/Dok.)

Harga kebutuhan pokok, beras di Kota Semarang masih terbilang tinggi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Datangnya musim panen di penghujung tahun 2017 tak lantas membuat harga kebutuhan pokok, beras di sejumlah pasar di Kota Semarang mengalami penurunan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di salah satu pasar tradisional di Kota Semarang, Pasar Peterongan, Minggu (17/12/2017), harga beras dari berbagai tipe cenderung masih tinggi. Namun, kenaikan harga tersebut tidak terlalu tidak terlalu tinggi, hanya berkisar Rp500/kg-Rp1.000/kg.

“Rata-rata ya (harga beras) naik Rp500-Rp1.000, tergantung jenisnya. Tapi yang pasti belum turun sejak bulan ini,” ungkap salah seorang pedagang di Pasar Peterongan, Trubus, kepada JIBI, Minggu.

Menurut Trubus tingginya harga tersebut merata pada semua jenis beras. Termasuk berbagai beras jenis C4 yang sebelumnya dijual pada pada kisaran Rp9.000/kg-Rp12.000/kg. Masing-masing mengalami kenaikan menjadi Rp9.500/kg-Rp12.500/kg. Senada juga diungkapkan Munsri. Pedagang beras di Pasar Induk Johar ini mengaku menjual beras mentik wangi dan raja lele yang awalnya Rp11.000/kg menjadi Rp12.000/kg.

Ia menuturkan bahwa masih tingginya harga beras di sejumlah pasar dikarenakan petani mengalami gagal panen. “Mungkin karena musim penghujan dan dari pemasuk mengaku ada yang gagal panen dari daerah yang diambil, seperti Solo, Jogja, maupun Demak,” tutur Munsir.

Kondisi ini, menurut Munsir menyebabkan beras yang dipasok ke Semarang menjadi tersendat. Ia yang biasanya mendapat pasokan sebanyak 1 ton, kini hanya sekitar 5 kuintal.

Selain beras, beberapa harga kebutuhan pokok juga belum mengalami penurunan do sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang, seperti tomat, cabai rawit, dan cabai merah. Di antara ketiga komoditas pokok itu, pada 17 Desember 2017, selisih harga terjauh ditemukan pada cabai merah yang dijual pada kisaran Rp33.000/kg hingga Rp35.000/kg dari harga normal Rp25.000/kg.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya