SOLOPOS.COM - Pedagang sayuran di Pasar Beringharjo. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas bawang merah di Jogja masih bertahan tinggi

Harianjogja.com, JOGJA--Berkurangnya pasokan membuat beberapa harga bahan pangan terkerek naik. Bahan pangan yang ‘berganti harga’ misalnya bawang merah yang kini dijual Rp40.000 per kg dari harga normal Rp25.000 per kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satu pedagang di Pasar Beringharjo Yani mengatakan, harga bawang merah mengalami kenaikan sejak sepekan yang lalu. “Panenan mulai habis. Rp40.000 per kg itu pun yang kecil-kecil,” kata dia kepada Harianjogja.com di Pasar Beringharjo, Jogja, Senin (25/7/2016).

Ia biasanya mendapatkan pasokan bawang merah dari Brebes, Jawa Tengah yang sering disebut bawang Jawa. Bawang Jawa merupakan bawang merah yang paling digemari pelanggannya karena rasanya lebih sedap. Namun, saat ini pasokan sedikit sehingga ia juga mendatangkan bawang merah dari Boyolali, Jawa Tengah yang ukurannya lebih besar.

“Bawang merah dari Boyolali biasanya saya jual Rp12.000 per kg, tapi saat ini sampai Rp38.000 per kg. Pembeli kadang membelinya campur antara bawang merah dari Brebes dan Boyolali,” ujar dia.

Namun, ia bersyukur karena permintaan bawang merah oleh konsumen tetap banyak meskipun harganya melonjak. Setiap hari, ia bisa menjual hingga 25 kg secara eceran.

Bawang merah merupakan bahan pangan yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari sehingga selalu ada pembeli. Sebaliknya, bawang putih justru turun dari Rp37.000 per kg menjadi Rp32.000 per kg.

Harga cabai juga merangkak naik dari Rp20.000 per kg menjadi Rp40.000 per kg untuk cabai rawit merah. Yani menyebutkan, hasil panen cabai cukup banyak, tetapi terkena penyakit yang disebut pathek sehingga setelah melalui proses penyortiran, hanya sedikit yang layak jual.

“Untuk cabai rawit hijau harganya biasa Rp17.000 per kg,” kata dia.

Sementara itu, untuk bahan pangan lainnya cukup stabil. Tomat buah Rp8.000 per kg, tomat sayur Rp6.000 per kg, gula pasir Rp16.000 per kg, telur Rp21.000 per kg, daging ayam broiler Rp31.000 per kg, dan daging sapi Rp120.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya