SOLOPOS.COM - Panen garam di area pertanian garam Desa Kedungmalang, Jepara, Jateng, Kamis (20/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Harga garam yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat melambung tinggi dan butuh solusi untuk pengadaannya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah berharap pembangunan pabrik garam dapat segera direalisasikan oleh pemerintah pusat. “Pembangunan pabrik garam bertujuan menjaga keberlanjutan produksi dan terjaminnya kualitas garam,” kata Kepala DKP Jateng Lalu M. Syafriadi di Kota Semarang, Kamis (27/7/2017).

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Rencananya, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun pabrik garam berkapasitas besar di Kabupaten Pati, Jateng. Menurut dia, rencana pembangunan pabrik garam itu saat ini dalam pembahasan detailed engineering design. “Pembangunan pabrik garam diharapkan bisa dimulai pada akhir tahun ini, sesuai dengan target pelaksanaan,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Jika pabrik garam sudah selesai dibangun, DKP Jateng akan melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok petani hamparan garam. “Produksi garam dari kelompok petani garam rakyat yang menjadi binaan itu nantinya masuk dan diolah di pabrik menjadi program garam siap konsumsi masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Lalu menyebutkan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun gudang garam di empat kabupaten di Provinsi Jateng. Keempat daerah yang akan dibangun gudang garam itu adalah Kabupaten Pati, Brebes, Demak, dan Rembang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya