HARGA KEBUTUHAN POKOK : DKP Jateng Ingin Pabrik Garam Segera Dibangun
Panen garam di area pertanian garam Desa Kedungmalang, Jepara, Jateng, Kamis (20/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Harga garam yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat melambung tinggi dan butuh solusi untuk pengadaannya.

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah berharap pembangunan pabrik garam dapat segera direalisasikan oleh pemerintah pusat. "Pembangunan pabrik garam bertujuan menjaga keberlanjutan produksi dan terjaminnya kualitas garam," kata Kepala DKP Jateng Lalu M. Syafriadi di Kota Semarang, Kamis (27/7/2017).

Rencananya, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun pabrik garam berkapasitas besar di Kabupaten Pati, Jateng. Menurut dia, rencana pembangunan pabrik garam itu saat ini dalam pembahasan detailed engineering design. "Pembangunan pabrik garam diharapkan bisa dimulai pada akhir tahun ini, sesuai dengan target pelaksanaan," ujarnya.

Jika pabrik garam sudah selesai dibangun, DKP Jateng akan melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok petani hamparan garam. "Produksi garam dari kelompok petani garam rakyat yang menjadi binaan itu nantinya masuk dan diolah di pabrik menjadi program garam siap konsumsi masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Lalu menyebutkan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun gudang garam di empat kabupaten di Provinsi Jateng. Keempat daerah yang akan dibangun gudang garam itu adalah Kabupaten Pati, Brebes, Demak, dan Rembang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho