SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Sebulan menjelang pemungutan suara Pemilu 2019, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Madiun, Jawa Timur, terpantau stabil bahkan ada komoditas yang turun harga.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun Firman Bastian kepada wartawan di Madiun, Rabu (13/3/2019), mengatakan harga sejumlah komoditas terpantau stabil dan bahkan mengalami penurunan hingga menyumbang terjadinya deflasi di Kota Madiun pada bulan Februari 2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sejauh ini harga bahan pokok masih stabil. Tim Pengendali Inflasi Daerah [TPID] Kota Madiun sudah memantau dan mengatur strategi dari awal tahun agar tidak terjadi kenaikan harga komoditas yang signifikan,” ujar Firman Bastian.

Dia menambahkan stabilnya harga juga dipengaruhi stok atau ketersediaan barang melimpah, tapi permintaan menurun, sehingga harga barang konstan dan bahkan terjadi penurunan harga.

Sejumlah barang yang signifikan stabil, bahkan mengalami penurunan harga dan menyumbang deflasi, di antaranya telur ayam ras, bawang merah, daging ayam ras, cabai rawit, cabai merah, kubis, dan wortel.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional, harga telur ayam ras stabil Rp20.000 per kilogram, bawang merah Rp21.000 per kilogram, daging ayam potong Rp30.000 per kilogram, cabai rawit Rp20.000 per kilogram, cabai keriting dan cabai merah Rp14.000 per kilogram.

Sementara untuk komoditas beras mengalami kenaikan hingga menyumbang terjadinya inflasi. Beras jenis IR l64 naik dari kisaran Rp8.500 hingga Rp9.000 per kilogram menjadi Rp9.500 per kilogram, tomat naik dari harga Rp6.000 menjadi Rp8.000 per kilgram, dan bawang putih naik dari Rp18.000 menjadi Rp22.000 per kilogram.

Diperkirakan harga bahan kebutuhan pokok akan stabil selama beberapa bulan ke depan, menyusul jumlah permintaan konsumen yang mampu diimbangi dengan stok barang. Kenaikan harga diprediksi akan terjadi saat bulan Ramadan mendatang. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya