SOLOPOS.COM - Pedagang menjual daging sapi di Pasar Bunder, Sragen, Selasa (21/7/2015). Harga komoditas daging sapi di pasar tradisional ini dijual seharga Rp90.000 hingga Rp100.000/kg. (JIBI/Solopos/Moh. Khodiq Duhri)

Harga kebutuhan pokok terutama daging sapi di Sragen masih stabil tinggi.

Solopos.com, SRAGEN-Harga komoditas daging sapi di Pasar Bunder, Sragen, masih konsisten di kisaran Rp90.000 hingga Rp.100.000/kg pada H+4 Lebaran, Selasa (21/7/2015). Pada hari-hari biasa, harga daging sapi di pasar tradisional ini senilai 75.000 hingga 85.000/kg.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sugiyem, 50, pedagang daging sapi di Pasar Bunder mengatakan kenaikan harga daging sapi sudah terjadi sejak H-1 Lebaran. Pedagang asal Pilangsari, Ngrampal, Sragen, itu mengaku menjual daging sapi seharga Rp90.000/kg. Dia mengaku hanya mengambil untung sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000/kg.

“Harga jual dari tukang jagal sudah mahal. Jadi, harga di daging sapi di pasaran juga mahal. Kenaikan harga itu dipengaruhi tingginya permintaan,” kata Sugiyem saat berbincang dengan solopos.com di depan lapaknya, Selasa.

Tingginya permintaan membuat daging sapi yang dijual Sugiyem habis diserbu pembeli setiap harinya. Dalam sehari, dia biasa menjual 20-30 kg daging sapi. Jika permintaan tinggi, Sugiyem biasa meminta tambahan stok daging sapi kepada tukang jagal di kawasan Ringinanom.

Sugiyem memprediksi harga daging sapi akan normal kembali setelah H+7 Lebaran atau selepas Lebaran Ketupat. “Pengalaman dari tahun ke tahun, harga daging sapi akan turun di angka normal setelah Lebaran Ketupat,” kata dia.

Parmi, 40, pedagang lain menjual daging sapi seharga Rp100.000/kg. Pedagang asal Solo itu mengaku memotong sendiri satu ekor sapi tiap harinya. Dia menilai kenaikan harga daging sapi sebelum dan setelah Lebaran merupakan hal yang wajar.

“Sekarang harga apa-apa mahal. Pedagang juga mau ambil untung,” kata Parmi yang juga memprediksi harga daging sapi akan kembali normal di kisaran Rp80.000/kg setelah H+7 Lebaran.

Sutarti, 50, pengunjung Pasar Bunder mengaku kaget ketika mengetahui harga daging sapi yang dijual pedagang. Kendati demikian, warga Jetak, Sidoharjo, itu mengaku terpaksa membeli 4 kg daging sapi untuk keperluan acara halalbihalal keluarga besarnya.

“Sebenarnya sangat keberatan dengan harga daging sapi senilai Rp100.000/kg. Tapi mau bagaimana lagi. Saya harus segera membawa pulang daging ini untuk diolah di rumah,” paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya