SOLOPOS.COM - Harga cabai kembali mengalami kenaikan, Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (7/7/2015). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harga kebutuhan pokok untuk cabai kembali terkerek.

Harianjogja.com, JOGJA-Menjelang Lebaran, harga beberapa bahan pangan mulai terkerek. Harga cabai kembali mengalami kenaikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu penjual di Pasar Beringharjo, Jogja, Sarini mengatakan, harga cabai merah keriting naik menjadi Rp30.000 hingga Rp31.000 per kg dari harga semula Rp28.000 per kg. Cabai merah besar juga mengalami kenaikan harga dari Rp20.000 per kg menjadi Rp24.000 per kg.

“Cabai rawit merah juga naik dari Rp28.000 per kg menjadi Rp31.000 per kg. Baru hari ini naik harganya [kemarin],” ujar dia kepada Harian Jogja di Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (7/7/2015).

Sementara, harga bawang merah justru mengalami penurunan. Semula setiap kg bawang merah dijual seharga Rp20.000, kini menjadi Rp18.000 per kg sedangkan, harga bawang putih stabil di angka Rp19.000 hingga Rp20.000 per kg. Untuk harga sayuran, ia mengakui belum ada peningkatan.

“Penjualannya juga masih sama. Belum ramai,” ujar dia.

Ia mengatakan, pembeli rata-rata masih langganan. Rata-rata setiap hari ia melayani belasan pembeli yang rata-rata penjual makanan seperti bakso dan soto. Dari pengalaman tahun sebelumnya, peningkatan penjualan mulai terjadi pada H-5 Lebaran. Saat itu, pembeli bisa mencapai 50an orang.

“Selain penjual makanan, biasanya yang beli juga masyarakat umum untuk keperluan Lebaran,” imbuh dia.

Ia pun berencana buka dari siang hingga malam pada H-2 Lebaran hingga H+5 Lebaran. Menurutnya, pada hari-hari tersebut, permintaan naik drastis dan banyak penjual makanan yang tutup selama Ramadan, akan buka kembali. Biasanya, para pedagang makanan akan membeli stok pada malam hari. “Itu kalau sama dengan tahun lalu [kondisi],” kata dia.

Pedagang lain Sutiyem mengungkapkan, untuk komoditas gula pasir belum mengalami perubahan harga. Saat ini setiap kg gula pasir masih dijual seharga Rp12.500. Tepung gandum juga belum mengalami kenaikan. Harganya masih stabil Rp7.000 hingga Rp8.500 per kg. “Harga mi soon yang naik dari Rp5.000 menjadi Rp5.500 per kg. Karena banyak penjual makanan yang menyetok,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya