SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebutuhan pokok (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, JOGJA–Pekan ini harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Jogja mulai berfluktuasi. Harga beras tercatat naik Rp1.000 per kilogram (kg), sedangkan bawang merah melonjak dengan kenaikan hingga Rp4.000 per kg.

Di Pasar Kranggan, harga bawang merah pekan lalu Rp14.000 per kg pekan ini harganya telah mencapai Rp18.000 per kg. Sari, salah satu pedagang di Pasar Kranggan mengaku tidak mengerti penyebab kenaikan. Dia menyebut harga di tingkat distributor telah naik. “Harga [komoditas] yang lain masih stabil,” jelas Sari saat ditemui Harianjogja.com, Jumat (23/5/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pedagang sayuran di Pasar Beringharjo, Sumarni mengaku harga bawang merah memang ada kenaikan namun tidak mempengaruhi harga kebutuhan pokok yang lain. Kemungkinan kenaikan ini karena pemasok dari Brebes dan Jawa Timur mulai menurun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Memang harga bawang merah naik mungkin karena pasokan dari Brebes dan Jawa Timur sudah mulai turun. Kami berharap harga bisa kembali normal,” jelas Sumarni.

Di Pasar Beringharjo, Erni salah satu pedagang mengatakan komoditas beras dua hari lalu sempat mengalami kenaikan Rp1.000 namun segera turun kembali.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop DIY, Eko Witoyo mengatakan memang harga kebutuhan pokok menjelang akhir Mei ini masih stabil.

“Semua harga stabil akhir Mei ini. kami berharap bisa kendalikan harga kebutuhan pokok ini,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya