SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harga cabai merah keriting pekan ini rata-rata Rp35.000 per kilogram naik Rp12.000.

Harianjogja.com, BANTUL – Harga cabai berbagai jenis di tingkat pedagang pasar tradisional Kabupaten Bantul, pekan ini mengalami kenaikan dibanding pekan sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kenaikan harga cabai karena banyak tanaman yang mati maupun terkena hama, sehingga stoknya bekurang,” kata Kabid Perdangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Bantul, Sahadi Suparjo seperti dikutip Antara, Kamis (8/9/2016).

Menurut dia, berdasarkan pantauan petugas dinas di beberapa pasar tradisional harga cabai merah keriting pekan ini rata-rata Rp35.000 per kilogram naik Rp12.000 dari pekan sebelumnya yang hanya Rp23.000 per kg.

Sedangkan cabai merah besar harganya Rp25.000 per kg naik Rp6.000 dibanding pekan sebelumnya yang Rp19.000 per kg, sedangkan cabai rawit merah dari sebelumnya Rp25.000 per kg menjadi Rp30.000 per kg.

“Sebetulnya kebutuhan permintaan bahan pokok di pasar stabil, hanya saja untuk cabai ada pengurangan stok, sehingga berpengaruh terhadap harga,” katanya.

Sahadi mengatakan, kenaikan harga cabai yang mencapai Rp5.000 sampai Rp12.000 per kg itu diprediksikan hanya bersifat sementara, dan akan berangsur turun atau kembali pada kondisi normal setelah pasokan komoditas tersebut normal.

“Yang terpenting barang yang dicari masyarakat itu ada, meskipun harganya sedikit mahal tidak masalah, namun kalau harganya sudah mahal, namun barangnya susah itu yang repot,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya