SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

Kulonprogo (Solopos.com)–Harga ikan lele konsumsi di lereng Menoreh turun sepekan terakhir, diduga akibat konsumsi warga menurun.

ilustrasi. (dok Solopos)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cipto, petani ikan Dusun Ganasari Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo mengungkapkan penurunan harga terjadi tepat sepekan terakhir, dari harga semula Rp12.000 per kilogram menjadi Rp10.500 per kilogram.

Ekspedisi Mudik 2024

“Informasi dari pedagang, harga turun karena konsumsi ikan oleh masyarakat sedang turun. Penyebabnya, sepekan terakhir warga banyak mendapatkan daging sapi dan kambing kurban, sehingga jarang yang membeli daging ikan,” jelasnya, Rabu (15/11/2011).

Di 16 kolam yang dimilikinya, rata-rata ia memanen dua pekan sekali, sebanyak dua hingga tiga kuintal. Ikan yang diap dipanen yakni berbobot rata-rata satu ons per ekor, atau dalam satu kilogram terdiri sembilan hingga 12 ekor.

Pembelinya adalah pedagang ikan dari berbagai daerah yang datang ke kolamnya. Pembeli itu pula yang menetapkan harga. “Kami tidak bisa menetapkan harga,” ungkap Cipto.

(JIBI/Harjo/Nia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya