SOLOPOS.COM - Hewan Kurban (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harga hewan kurban di Jogja naik menjelang hari raya Iduladha

Harianjogja.com, JOGJA-Iduladha masih satu bulan lagi, tapi harga sapi hidup sudah mulai meroket. Sejak 10 hari lalu, harga sapi hidup naik 10%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sekarang sudah Rp50 juta [per ekor]. Normalnya Rp47 juta [per ekor],” kata Ketua Paguyuban Pedagang Daging Sapi Segoroyoso (PPDSS), Ilham Akhmadi, saat menjawab pertanyaan Harianjogja.com tentang harga sapi siap potong di Daerah Isitimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (10/8/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Namun biasanya, lanjut dia, sapi yang banyak dipotong saat Iduladha adalah sapi bakalan. Sapi bakalan ini memiliki bobot di bawah 400 kg dengan harga di kisaran Rp20 juta ke bawah. “Masalahnya para sohibul atau orang yang berkorban ini dananya di bawah Rp20 juta jadi banyak yang motong bakalan,” jelasnya.

Kondisi ini membuat harga sapi bakalan juga ikut terkerek 10%. Normalnya, ujar dia, harga sapi bakalan hanya berkisar Rp17,5 juta tetapi saat ini sudah naik di kisaran Rp20 juta per ekor.

Menurutnya kenaikan harga seperti ini sudah menjadi tradisi menjelang hari raya Iduladha. Namun, meski harga sapi hidup sudah naik, harga daging sapi masih belum bergerak. Harga di pasaran untuk kualitas I masih dijual Rp116.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya