SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Harga gula di tingkat pasaran yang terus merangkak naik akhirnya membuat pemerintah turun tangan. Memasuki awal tahun 2010, pemerintah berencana akan menggelar pasar murah untuk produk gula. Pasar murah ini ditujukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dengan harga gula yang ditawarkan lebih murah dari harga pasaran.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (28/12).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Segera akan kita lakukan pasar murah seminggu dua minggu lagi,” katanya.

Bayu menjelaskan sementara waktu pelaksanaan pasar murah untuk gula akan dilakukan oleh Perum Bulog. Nantinya harga gula yang akan dijual  lebih murah sekitar Rp 1500-2000  dibawah harga pasar setempat.

“Kita akan mulai dulu di beberapa kota, sasarannya masyarakat berpendapatan rendah,” katanya.

Ia menjelaskan dalam pasar murah itu nantinya akan disasar sebanyak 17,5 juta rumah tangga sasaran (RTS). Dimana setiap RTS berhak membeli  1-2 kg dalam setiap pembelian.

Seperti diketahui harga gula di dalam negeri dan harga internasional kembali bergejolak memasuki tutup akhir tahun 2009. Di pasar dalam negeri harga gula sudah tembus hingga Rp 12.000 lebih per kg di beberapa tempat.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya