Tutup Iklan

Harga Fantastis, Kambing Etawa Jadi Primadona Baru Peternak di Klaten

Meningkatnya jumlah peternak kambing etawa itu menyusul belakangan harga jual kambing tersebut kian fantastis.

 Puluhan kambing etawa hasil budi daya peternak di Klaten dipamerkan saat kegiatan nyencang bareng di Dukuh Surowono, Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Minggu (24/10/2021). (Solopos.com/Espos/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Puluhan kambing etawa hasil budi daya peternak di Klaten dipamerkan saat kegiatan nyencang bareng di Dukuh Surowono, Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Minggu (24/10/2021). (Solopos.com/Espos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Peternak kambing peranakan etawa (PE) di Klaten belakangan terus meningkat. Diperkirakan, kini ada ratusan peternak dengan jumlah populasi kambing etawa mencapai 500 ekor.

Ketua Paguyuban Peternak Kambing Etawa Mendo Lembah Merapi (MLM), Gothot Winarso, mengatakan meningkatnya jumlah peternak kambing etawa itu menyusul belakangan harga jual kambing tersebut kian fantastis. Sejak pandemi Covid-19, justru harga jual kambing itu melejit.

“Sejak pandemi Covid-19 harganya mulai semakin fantastis sampai hari ini. Untuk nilai harga tergantung kelasnya. Kalau kelas biasa Rp6 juta sampai Rp10 juta. Kalau sudah pernah masuk kontes minimal dari Rp30 juta hingga bisa sampai ratusan juta rupiah,” kata Gothot sata ditemui di sela kegiatan nyencang bareng dan diskusi terbuka di Dukuh Surowono, Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Minggu (24/10/2021).

Baca Juga: Banteng vs Celeng, PDIP Klaten Madep Mantep dengan Megawati

Gothot menjelaskan kambing etawa berbeda dengan jenis kambing lainnya. Dari sisi ukuran, kambing jenis tersebut lebih besar, bertelinga panjang, dan kepala nonong.

Dia mencontohkan tinggi kambing etawa yang didatangkan pada kegiatan nyencang bareng tersebut ada yang setinggi 110 sentimeter.

“Etawa itu berbeda dengan kambing biasa yang diambil dagingnya. Kalau kambing etawa lebih ke seni. Dilihat dari berbagai parameter seperti bulunya bagus, telinga halus dan panjang, serta kekar. Saat ini semakin banyak peternak kambing dari semula hanya beberapa orang sekarang ada ratusan peternak. Jumlah kambing se Klaten diperkirakan sekarang sampai 500 ekor,” jelas Gothot.

Baca Juga: Puluhan Kader Perempuan PDIP Klaten Ikuti Pembekalan Politik PUAN

Semakin sering menang kontes, harga kambing etawa otomatis semakin melejit. Seperti salah satu kambing yang didatangkan pada acara siang itu.

Oleh pemiliknya, harga jual kambing tersebut ditawarkan Rp300 juta lantaran beberapa kali menjuarai kontes dan menjadi indukan kambing berkualitas.

Soal pemasaran kambing tersebut, Gothot menuturkan saat ini sangat mudah. Ada komunitas yang membangun jejaring di seluruh Indonesia. Harga jual kambing etawa juga dipastikan masih tinggi.

Baca Juga: Kebakaran Toko di Karanganom Klaten Diketahui dari 2 Pemuda Nongkrong

Dia mencontohkan belum lama ini bisa menjual seekor anakan kambing etawa berumur sepekan seharga Rp13 juta. ”Untuk perawatan sebenarnya mudah, sama dengan jenis kambing lainnya bahkan untuk pakan pabrikan justru lebih sedikit,” jelas dia.

Di sisi lain, Gothot menuturkan komunitas peternak kambing etawa di Klaten beberapa waktu terakhir memiliki tradisi jagong kambing. Mereka secara bersama-sama mendatangi rumah peternak yang kambing mereka miliki baru melahirkan.

“Istilahnya jagong kambing. Ketika ada ternak yang baru melahirkan, kami anjangsana ke sana,” jelas dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.

Kecelakaan di Kebakkramat Karanganyar: Truk Masuk Parit, Mobil Terbalik

Dua buah kendaraan keluar jalur setelah bersenggolan di Jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan PT Manunggal Adipura, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (14/12/2021).

PPKM Level 3 di Boyolali Jelang Nataru, Tempat Wisata Wajib Taat Prokes

Pemkab Boyolali akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Harga Tanah Gentan Sukoharjo vs Colomadu Karanganyar, Mahalan Mana?

Kira-kira mana yang lebih mahal antara harga tanah di Gentan, Baki, Sukoharjo dengan Colomadu di Karanganyar?

ANBK SD 2021 di Solo Kelar, Begini Evaluasi dari Proktor

Masih adanya 8 SD di Solo yang menumpang pelaksanaan ANBK ke SMP karena keterbatasan prasarana, menjadi perhatian Proktor ANKB SD.

Semua Rumah di Dusun Ginade Wonogiri Hadap ke Selatan, Ini Kata Kades

Ada budaya unik terkait posisi rumah di Dusun Ginadewetan dan Ginadekulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.