SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA – Menurunnya harga emas membuat transaksi gadai dan pembelian emas di Pegadaian ikut turun.

“Harga emas sekarang memang turun, imbasnya ke transaksi pegadaian, gadai emas menurun,” ujar Kepala Pegadaian Syariah Kusumanegara Jogja Eka Sri Yulian saat ditemui di kantornya, Selasa (19/2/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Eka mengungkapkan melemahnya rupiah dan naiknya harga dolar menjadi pemicu turunnya harga emas. Kondisi tersebut seharusnya menjadi peluang bagi lembaga keuangan syariah.

“Seharusnya tidak berimbas ke transaksi Pegadaian, tapi ternyata berdampak juga pada jumlah transaksi gadai emas,” papar Eka.

Harga emas PT Aneka Tambang (Antam) saat ini turun dari Rp530.000 menjadi Rp520.000. Sementara untuk harga lelang di pasaran berkisar antara Rp500.000 sampai Rp501.000.

Diakui Eka, saat ini banyak lembaga keuangan yang menawarkan pembelian serta gadai emas. Hal ini menjadi salah satu faktor menurunnya transaksi gadai emas.

Dari data yang disampaikan Eka, penurunan transaksi gadai emas terbilang cukup tinggi. Apabila sehari bisa mencapai Rp200 juta, saat ini hanya sekitar Rp160 juta sampai Rp170 juta per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya