SOLOPOS.COM - Ilustrasi emas batangan (JIBI/Dok)

Harga emas hari ini untuk acuan Comex naik 0,51%.

Solopos.com, NEW YORK — Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada perdagangan Senin (17/8/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB), setelah data ekonomi AS tampak lebih lemah.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dilansir Antara seperti mengutip laporan Xinhua, Selasa (18/8/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik US$5,7, atau 0,51%, menjadi US$1.118,40 per ounce.

Emas mendapat dukungan karena laporan yang dirilis oleh The Fed Cabang New York menunjukkan pelemahan yang tak terduga di sektor manufaktur negara bagian New York, juga dikenal sebagai sektor EmpireState.

IndeksEmpireState jatuh ke negatif 14,92 pada Agustus, dibandingkan dengan positif 3,86 pada Juli. Para analis mencatat bahwa ukuran pesanan baru menyebabkan pelemahan, dan mencapai tingkat terendahnya sejak November 2010.

Namun kenaikan emas lebih jauh terhambat oleh dollar AS yang lebih kuat. Indeks dollar AS naik 0,19 menjadi US$96,79 pada pukul 18.10 GMT.

Indeks dollar adalah indikator mata uang AS ini terhadap sekumpulan mata uang utama dunia. Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dollar AS naik maka emas turun, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi para investor.

Sementara perak untuk pengiriman September naik 8,5 sen, atau 0,56%, ditutup pada US$15,298 per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober bertambah US$6,7, atau 0,67%, menjadi US$1.000,70 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya