SOLOPOS.COM - ilustrasi emas batangan (JIBI/Bisnis)

Harga emas hari ini untuk acuan Comex ditutup melemah.

Solopos.com, NEW YORK – Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange ditutup lebih rendah pada Kamis (13/8/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB), menghentikan keuntungan beruntun selama lima hari, karena dollar AS menguat dan permintaan global untuk logam mulia turun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Antara mengutip laporan Xinhua, Jumat (14/8/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember melorot 8 dollar AS atau 0,71% menjadi di US$1.115,60 per ounce.

Emas berada di bawah tekanan ketika Indeks dollar AS naik 0,2% menjadi 96,47 pada pukul 18.29 GMT. Indeks adalah ukuran dari dollar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dollar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dollar naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dollar menjadi lebih mahal bagi para investor.

Harga emas juga mendapat tekanan tambahan menyusul laporan yang dirilis oleh Dewan Emas Dunia (WGC) pada Kamis. Laporan itu mengatakan permintaan emas mencapai tingkat terendah dalam enam tahun terakhir.

Permintaan emas global melemah pada kuartal kedua akibat penurunan pembelian di negara-negara konsumen utama, Tiongkok dan India, WGC mengatakan pada Kamis.

“Jumlah permintaan mencapai 915 ton, jatuh 12% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, terutama karena penurunan permintaan dari konsumen di India dan Tiongkok,” kata WGC dalam laporan kuartalan terbarunya.

Harga emassempat merosot pada Juli, mencapai tingkat terendah dalam lebih dari lima tahun di US$1.072,35 per ounce. Sejak itu berbalik naik kembali di atas US$1.100 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya