SOLOPOS.COM - Ilustrasi emas batangan (JIBI/Dok)

Harga emas hari ini untuk acuan Comex turun tajam.

Solopos.com, NEW YORK – Harga emas comex dalam perdagangan hari ini, Senin (19/10/2015) menurun cukup besar yakni sebesar 6,90 poin atau sebesar 0,58%.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Berdasarkan data Bloomberg pukul 8.10 Wib, perdagangan harga emas commex hari ini berkisar pada US$1.175,20 per tray punce hingga US$1.178,0 per tray ounce

Pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu harga emas spot LLG mengalami pelemahan terbatas (19/10/2015). Harga emas tergerus melemah seiring dengan membaiknya nilai tukar dollar AS. Harga emas yang sempat menyentuh posisi paling tinggi dalam 3,5 bulan belakangan pada akhirnya harus ditutup di teritori negatif. Meskipun mengalami penurunan harian harga emas tetap berhasil membukukan kenaikan mingguan.

Harga emas spot maupun berjangka mengalami peningkatan sekitar 2 persen selama satu pekan belakangan. Harga emas mengalami peningkatan berjenjang sejak awal pekan lalu dan terkulminasi paa perdagangan Kamis yang mencapai posisi paling tinggi sejak akhir Juni lalu.

Pada perdagangan Jumat malam lalu dollar AS mengalami kenaikan untuk sesi keduanya. Indeks dollar rebound setelah sempat mencapai posisi paling rendah dalam tujuh minggu. Kenaikan nilai tukar dollar AS tersebut membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relative lebih mahal bagi pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan turun.

Pada akhir perdagangan pekan lalu harga emas spot LLG mengalami penurunan sebesar 0,5 persen. Harga emas LLG ditutup pada posisi US$1.176,66 per troy ons.

Harga emas berjangka Comex mengakhiri perdagangan di akhir pekan dengan membukukan pelemahan yang signifikan dan ditutup pada posisi US$1.182,10 per troy ons. Harga mengalami penurunan sebesar US$4,40 atau setara dengan 0,4 persen.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi US$1.187 per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi US$1.192. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang retreat harga akan mengetes level support pada posisi US$1.175. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi US$1.170.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya