SOLOPOS.COM - ilustrasi emas batangan (JIBI/Bisnis)

Harga emas hari ini untuk acuan Comex naik.

Solopos.com, JAKARTA — Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Rabu (13/5/2015) pagi, karena dolar Amerika Serikat (AS) melemah.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni naik 9,4 dolar AS, atau 0,79%, menjadi menetap di 1.192,40 dolar AS per ounce, lapor Xinhua.

Indeks dolar AS turun 0,63% menjadi 94,42 di sesi tengah hari pada Selasa, memberikan logam mulia sebuah dorongan. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang dihargakan dalam dolar menjadi lebih murah bagi investor.

Selain itu, emas juga mendapat dukungan dari melemahnya pasar ekuitas Eropa, yang dipicu oleh krisis utang Yunani. Para analis mengatakan bahwa Yunani telah membuka sumbat salah satu rekeningnya di IMF dengan memenuhi pembayaran bunga utang 750 juta euro (841,28 juta dolar AS).

Negara-negara anggota memiliki dua rekening di IMF—satu rekening untuk menyimpan kuota tahunan mereka, yang pada dasarnya adalah biaya anggota mereka, dan rekening lainnya di mana mereka menyimpan cadangan untuk keadaan darurat.

Perak untuk pengiriman Juli naik 21,2 sen, atau 1,30%, menjadi ditutup pada 16,526 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli bertambah 5,7 dolar AS, atau 0,51 persen, menjadi ditutup pada 1.133,00 dolar AS per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya