SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

NEW YORK–Harga emas dunia turun ke level terendah dalam lebih dari  bulan di tengah spekulasi bahwa permintaan fisik akan melambat selama libur tahun baru Imlek pada pekan ini di Asia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut analis Barclays Plc Suki Cooper, tidak dibukanya bursa China pada pekan ini berarti permintaan dari kawasan lain memiliki kesenjangan yang lebih besar untuk mengisi sehingga membuka harga pada posisi yang rentan.

Ekspedisi Mudik 2024

Penurunan harga juga terjadi akibat pertemuan 17 menteri negara anggota Eropa di Brussels hari ini untuk membicarakan kemungkinan bailout untuk Siprus seiring ketatnya kontes pemilu di Italia dan skandal politik di Spanyol yang memicu kembali krisis utang kawasan.

“Kurangnya permintaan fisik, ditambah dengan kekhawatiran tentang Eropa, mendorong pasar lebih rendah,” kata David Meger, Direktur Perdagangan Logam di Vision Financial Markets di Chicago seperti dikutip Bloomberg, Selasa (12/2/2013).

Harga emas berjangka untuk pengiriman April kembali turun 1,1% ke level US$1.649,10 per ounce pada pukul 1.41 sore di Comex in New York, melanjutkan penurunan pada tahun ini menjadi 1,6%. Harga sebelumnya telah menyentuh level US$1.644,10, level terendah untuk kontrak teraktif sejak 7 Januari. Volume perdagangan tercatat 20% lebih tinggi dari rerata 100 hari terakhir.

Harga logam turun di bawah rerata 200 hari bergerak mendekati level US$1.665,36, sebuah sinyal bearish untuk beberapa analis yang memelajari pola historis harga.

“Penurunan hari ini dibesar-besarkan oleh pelemahan secara teknikal,” kata Meger.

Harga perak berjangka untuk pengiriman Maret kembali turun 1,7% ke level US$30,91 per ounce di New York, penurunan terbesar lebih dari sepekan. Di New York Mercantile Exchange, harga platinum berjangka untuk pengiriman April turun 1,1% ke level US$1.696,10 per ounce, penurunan ketiga beruntun.

Harga palladium berjangka untuk pengiriman Maret melonjak 0,9% ke level US$758,60 per ounce di Nymex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya