SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjualan daging sapi di Jakarta (JIBI/Bisnis/Dwi Prasetya)

Ilustrasi penjualan daging sapi di Jakarta (JIBI/Bisnis/Dwi Prasetya)

JAKARTA — Menjelang Ramadan, pemerintah berencana menggelar operasi pasar daging sapi untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga daging sapi di masyarakat, terutama di Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Pertanian Suswono menuturkan pihaknya terutama memperhatikan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya karena perkembangan harga di wilayah ini membawa pengaruh terhadap perkembangan harga di wilayah lain.

“Tentu saja jangan sampai pengaruhi harga di peternak. Kami ingin harga paling tidak stabil di kisaran Rp76.000-Rp80.000 per kg lah. Saya kira kalau Rp80.000, para peternak juga masih menikmati harga bagus,” katanya, Jumat (24/5/2013).

Dia memaparkan kebutuhan daging  di wilayah DKI dan sekitarnya mencapai 3.000 ton per bulan. Pada Ramadan, lanjutnya, diperkirakan akan naik sebesar 30% menjadi 4.000 ton per bulan.

“Tentu akan ditambah nanti 30% kebutuhan itu. Diperlukan nanti operasi pasar. ya Ramadhan nanti,” tambahnya.

Menurut dia, Badan Urusan Logistik (Bulog) akan mendapatkan kuota paling tidak 50% dari kebutuhan. Dia mengingatkan Bulog untuk mulai melakukan impor pada Juni 2013.

“Kami lihat juga kemampuan Bulog sendiri,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya