SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA–Harga kebutuhan pokok memasuki pertengahan April ini cenderung stabil. Meski demikian harga daging ayam terlihat melonjak hingga 10%, kenaikan juga terlihat pada daging sapi.

Salah satu pedagang di Pasar Kranggan, Sujanto mengatakan harga daging beberapa hari ini cenderung mengalami kenaikan. Meskipun tidak tinggi, namun harga daging sapi masih di kisaran Rp105.000 per kilogram (kg).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kenaikan seminggu ini antara Rp2.000 hingga Rp3.000 per kg. Meskipun kenaikan tidak langsung tinggi namun mempengaruhi penjualan juga. Sebab banyak yang akhirnya mengurangi jumlah pembelian,” kata Sujanto, Kamis (24/4/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain daging sapi has, daging sapi semur dan dan rendang juga terkatrol naik. Untuk daging semur dan rendang ini masing-masing dijual dengan harga Rp95.000 per kg dan Rp103.000 per kg.

Sujanto menambahkan kenaikan harga daging sapi ini sedikit banyak mempengaruhi harga bakso. Untuk itu dirinya yang juga menjual bakso terpaksa ikut menaikkan harga jual per butir.

“Kalau biasanya saya menjual bakso Rp800 per butir, namun kini saya terpaksa jual Rp900 per butir. Saya realistis saja, sebab tidak ingin kualitas baksonya berkurang. Biasanya pembeli yang kebanyakan adalah penjual makanan padang sempat protes,” kata Sujanto.

Selain daging sapi, daging ayam broiler juga mengalami kenaikan. Pedagang daging ayam, Muri mengatakan kanaikan berkisar antara 10%. Jika biasanya harga daging ayam broiler berkisar antara Rp25.000 per kg, kini bisa mencapai Rp29.000 per kg.

“Kenaikannya tidak langsung tingi, namun berlahan. Mungkin saat ini memang bukan musimnya panen ayam broiler jadi di pasaran agak langka,” jelas Muri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya