SOLOPOS.COM - Pedagang di Pasar Demangan Jogja mengaku menjual daging ayam hingga seharga Rp35.000 per kilogram, Senin (1/1/2018). (Harian Jogja/Rima Sekarani I.N)

Permintaan yang relatif meningkat tidak sebanding dengan ketersediaan stok

Harianjogja.com, JOGJA-Harga daging ayam masih bertahan sekitar Rp35.000 per kilogram (kg) pada hari pertama di tahun 2018. Permintaan yang relatif meningkat tidak sebanding dengan ketersediaan stok yang cenderung masih sedikit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Harian Jogja di Pasar Demangan, Jogja, Senin (1/1/2018), para pedagang menjual daging ayam seharga Rp34.000 hingga Rp35.000 per kg. Kisaran harga itu berlaku sejak Sabtu (30/12/2017) akhir pekan kemarin. “Pas Natal kemarin sudah Rp33.000 lalu naik terus,” kata seorang pedagang, Bubuh, Senin (1/1/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Bubuh mengungkapkan, permintaan daging ayam memang meningkat signifikan dalam sepekan belakangan. Dia mengaku bisa menjual sebanyak 40-50 kg per hari, jauh lebih banyak dibanding hari biasa yang rata-rata hanya 5-10 kg. Namun, itu tidak diimbangi dengan stok daging ayam. “Stoknya itu mulai susah setelah ada banjir kemarin,” ujar Bubuh.

Keluhan serupa disampaikan pedagang lainnya, Kresnawati. Harga daging ayam sebelumnya relatif stabil pada kisaran Rp30.000 hingga Rp32.000 per kg. Namun, kondisi harga menjadi fluktuatif paska adanya bencana banjir di sejumlah wilayah pada akhir November 2017 lalu. Menurutnya, cuaca buruk bukan hanya menghambat distribusi, melainkan juga perawatan dan pembesaran ayam potong di tingkat peternak.

Di sisi lain, daging sapi dijual stabil seharga Rp120.000 per kg. Para pedagang malah mengeluhkan rendahnya permintaan konsumen terhadap komoditas ini. “Kemarin dikiranya bakal ramai pas Natal atau tahun baru tapi ternyata enggak. Padahal sudah ditambah stoknya,” ungkap Tri, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Demangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya