SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang daging ayam (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Empat hari sebelum Lebaran, harga jual sejumlah komoditas di Jogja mulai menggeliat, di antaranya harga cabai dan daging.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, Rabu (23/7/2014) di Pasar Beringharjo, harga daging ayam pada awal pekan ini dijual antara Rp27.500 hingga Rp29.000 per kilogram (kg) saat ini sudah menyentuh Rp30.000 perkg. Kenaikan harga daging ayam tersebut, diperkirakan akan terus terjadi hingga Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Harga ayam naik lagi. Ini akan terjadi secara bertahap sampai sehabis lebaran,” kata Partini, penjual daging ayam pasar Beringharjo.

Dijelaskan dia, harga daging akan melonjak mulai H-2 hingga H+5. Hal itu didasarkan pada kondisi Lebaran tahun lalu di mana harga jual daging ayam mencapai Rp35.000 per kg.

Tak jauh berbeda, harga daging ayam kampung yang sebelumnya dijual Rp64.000 perkg saat ini dipatok Rp69.000 per kg. Diperkirakan, harga ayam kampung tembus Rp70.000 per kg hingga Lebaran.

“Kalau daging ayam kampung sudah mulai banyak permintaan, tapi persediaan terbatas. Apalagi ini sudah musim mudik. Ya, kenaikannya hampir Rp2.000 per kg,” kata Suhartini, pedagang daging ayam lainnya.

Menurutnya, meskipun ada keterbatasan bahan, namun pasokan ayam kampung selama ini terbilang lancar. Dalam sehari, dia mampu menjual 100 hingga 200 ekor kepada konsumen. “Kalau pasokan sebenarnya lancar, cuma terbatas. Kalau permintaannya tinggi, secara otomatis harganya naik,” kat Suhartini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya