SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Dalam acara tahunan ketiga Google for Indonesia yang digelar di Jakarta, Selasa (4/12/2018), Google mengumumkan sejumlah produk baru, di antaranya feature phone dengan harga Rp99.000. Ponsel buatan Indonesia hasil kerjasama dengan Wiz Phone itu sudah dilengkapi dengan Asisten Google dengan tombol khusus.

“Kami ingin membuat Asisten Google untuk semua orang, untuk itu kami meluncurkan Wiz Phone. Ini merupakan ponsel pertama dengan Asisten Google yang sudah tertanam,” ujar Vice President of Engineering Google Assistant Scott Huffman, sebagaimana dilansir Antara, Selasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wiz Phone menggunakan KaiOS, yang menurut laman resminya, merupakan sistem operasi yang ringan smart feature phone dengan fitur Wifi, GPS dan fungsi canggih lainnya ke perangkat bukan touch screen yang terjangkau.

Selain Wiz Phone, perangkat yang telah mengadopsi sistem operasi tersebut adalah Jio Phone dan Nokia Pisang 8110, yang telah diluncurkan di India. Dengan Wiz Phone, pengguna dapat mengakses Asisten hanya dengan menekan tombol untuk mengaktifkannya, kemudian memintanya melakukan panggilan telepon atau memutar video Youtube. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat meminta Asisten untuk membuka laman tertentu atau mencari tahu sesuatu di Google Search.

“Dalam feature phone suara menjadi sangat penting dan kuat, di mana antarmuka ada di suara,” kata Huffman.

Huffman juga mengungkapkan bahwa Asisten pada Wiz Phone tidak berbeda dari Asisten yang ada pada ponsel Android. “Sama-sama menggunakan kecerdasan buatan (AI), bahasa dan dialog-nya, dengan aplikasi yang disesuaikan,” ujar dia.

Wiz Phone dibekali ROM 4GB dengan baterai 1800 mAh, kamera depan VGA dan kamera belakang 2MP. Dalam mendistribusikan Wiz Phone, Google menggandeng Alfamart di mana perangkat tersebut akan diluncurkan melalui toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia “segera,” ujar Huffaman singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya