SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga cabai rawit merah dinilai sudah mulai turun

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Harga cabai rawit merah dinilai sudah mulai turun. Ini menyusul sejumlah petani sudah mulai masuk masa panen cabai disejumlah daerah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala seksi distribusi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Gunungkidul, Sigit Haryanto mengatakan penurunan harga tersebut terjadi pada cabai rawit merah.

“Paling banyak turun cabai rawit merah dari minggu kemarin awalnya Rp65.000/kg saat ini menjadi sekitar Rp48.000/kg. Untuk yang jenis cabai lain masih fluktuatif, kalaupun turun hanya sedikit,” ucapnya Senin (26/3/2018).

Menurunya harga tersebut mengalami penurunan karena para petani sudah mulai menanen dan pasokan untuk Gunungkidul cukup lancar, sehingga tidak ada masalah harga.

Untuk jenis cabai lain, seperti cabai rawit hijau masih dikisaran Rp26.000/kg. Untuk cabai merah keriting di kisaran harga Rp41.000/kg. Cabai merah biasa Rp38.000. Dinilai harga tersebut masih sama dengan minggu lalu.

Salah seorang pedagang di Pasar Argosari, Wonosari, Mujirah mengatakan memang ada penurunan cukup banyak untuk cabai rawit merah menjadi sekitar Rp40.000/kg turun lebih dari Rp10.000/dari beberapa hari lalu.

“Meski harga cabai rawit merah sudah mulai menurun tapi untuk penjualan masih belum ramai juga, karena warung-warung yang biasa membeli sepi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya