SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JOGJA—Harga cabai rawit di pasar tradisional Kota Jogja memasuki pekan keempat Maret terus melambung, bahkan sudah mencapai Rp45.000 per kilogram, setelah sehari sebelumnya Rp40.000 per kg.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Harga cabai rawit terus naik. Harganya sangat tinggi,” kata salah seorang pedagang sayur di Pasar Kotagede, Maryati, Jumat (22/3/2013).

Ia memperkirakan kenaikan harga cabai rawit merah yang cukup tinggi disebabkan komoditas tersebut cukup sulit diperoleh pada akhir-akhir ini. Sementara itu, jenis cabai lainnya seperti cabai rawit hijau, cabai merah besar dan cabai hijau besar tidak mengalami kenaikan tinggi, masing-masing dijual dengan harga Rp20.000 per kg, Rp25.000 per kg, dan Rp20.000 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Jogja Sri Harnani mengatakan akan terus melakukan pemantauan intensif di pasar tradisional untuk mengetahui secara pasti penyebab semakin mahalnya harga cabai rawit merah.

“Komoditas yang mengalami kenaikan signifikan adalah cabai rawit merah dan bawang. Harga bawang sudah mulai turun, tetapi cabai rawit merah cenderung naik terus,” katanya.

Pemantauan rutin, dilakukan di lima pasar tradisional yang cukup besar, yaitu Pasar Prawirotaman, Beringharjo, Kranggan, Kotagede, dan Lempuyangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya