SOLOPOS.COM - Seorang pedagang cabai dan sayuran di Pasar Songgolangit Ponorogo melayani pembeli, Jumat (30/12/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Harga cabai rawit merah di Ponorogo mencapai Rp100.000/kg.

Madiunpos.com, PONOROGO — Harga cabai di Ponorogo menjelang Tahun Baru 2017 merangkak naik. Saat ini harga cabai rawit merah di Kota Reog sudah mencapai Rp100.000/kg, padahal sehari sebelumnya cabai rawit merah masih di kisaran harga Rp85.000/kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Songgolangit Ponorogo, Amini, mengatakan komoditas yang menunjukkan kenaikan harga sangat tinggi yaitu cabai rawit merah mencapai Rp100.000/kg.

Meski demikian, lanjut dia, pedagang menganggap kenaikan harga cabai rawit merah lumrah menjelang tahun baru. “Kalau tahun baru bisa dipastikan harga cabai naik tinggi,” kata dia kepada Madiunpos.com, Jumat (30/12/2016).

Amini menuturkan harga cabai rawit merah dalam dua pekan terakhir memang menunjukkan kenaikan cukup signifikan. Dua pekan lalu harga komoditas itu hanya Rp70.000/kg, kemudian pada pekan ini naik lagi menjadi Rp85.000/kg.

Dia menjelaskan bawang putih saat ini masih stabil di harga Rp32.000/kg. Sedangkan harga bawang merah naik Rp2.000 dari Rp30.000/kg menjadi Rp32.000/kg.

Lebih lanjut, Amini mengatakan kenaikan harga cabai terjadi karena permintaan meningkat tajam. Padahal ketersediaan barang minim, karena saat ini banyak petani cabai yang belum panen dan tanamannya rusak akibat cuaca ekstrem.

“Saat ini cabai rawit hijau kosong, tidak ada stok. Harganya stabil tinggi yaitu Rp50.000/kg,” kata dia.

Pedagang cabai lainnya, Marikem, juga menuturkan hal sama. Dia mengatakan saat ini stok berbagai cabai menipis. Padahal permintaan cabai menjelang tahun baru meningkat.

“Iya terus mengalami kenaikan. Kemarin mencapai Rp85.000/kg,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya