SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang cabai (Solopos-Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, KARANGANYAR - Harga cabai rawit merah di Karanganyar saat ini mulai menunjukan penurunan di sejumlah pasar tradisional Jumat (26/3/2021). Penurunan harga terjadi setalah sebelumnya harga cabai bertahan di kisaran Rp135.000 per kilogramnya selama beberapa pekan.

Pantauan Solopos.com, di Pasar Jungke, Karanganyar, harga yang dipatok oleh pedagang untuk cabai rawit merah masih beragam. Harga tersebut tergantung jenis cabai rawit dan daerah asal pedagang membeli cabai rawit. Namun, rata-rata harga cabai rawit sudah berada di kisaran angka Rp90.000 per kilogram.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: Ngerinya Penikaman di Perpusataan Kanada, Pelaku Membabi Buta

Salah satu pedagang di Pasar Jungke, Pariyem, mengatakan harga cabai rawit sudah mulai turun sejak Kamis (25/3/2021). Sebelumnya dia mengaku harga cabai selalu bergerak fluktuatif di kisaran harga Rp120.000 dan Rp110.000 per kilogram setiap harinya. Namun sejak Kamis harga cabai berada di kisaran Rp90.000 hingga Rp100.000 per kilogramnya.

“Sejak kemarin [Kamis] sudah mulai turun. Kalau harga sebenarnya tergantung yang jual juga. Tapi kalau saya ini sudah jual Rp90.000 per kilogram," jelas dia kepada Solopos.com, Jumat.

"Tapi memang ini ada yang cabai tampar [ukuran lebih besar]. Pembeli biasanya kalau sret dirasa kemahalan mereka beralih ke cabai tampar atau putih sekalian. Cabai rawit merah yang kecil itu selisih Rp10.000 lebih mahal dibandingkan yang besar,” lanjut Pariyem.

Pembeli Protes

Pedagang lainnya, Yanti, juga mengatakan harga cabai yang dia jual juga sudah mulai turun hingga Rp90.000 per kilogram. Menurutnya, akibat kenaikan harga yang terjadi selama beberapa pekan terakhir banyak pembeli yang protes kepadanya lantaran harga yang dinilai terlalu tinggi.

Baca Juga: Heboh, Burung Hantu Masuk Toko Pakaian Di Sukoharjo Bikin Karyawan Ketakutan

“Kemarin sering ada protes kok harganya mahal sekali. Tapi memang segitu harganya. Ini sudah mulai turun lagi harganya. Tapi tetap saja ada yang bilang masih mahal,” beber dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang dimiliki Bidang Usaha Perdagangan dan Perlindungan Konsumen, Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi (Disdagnakerkop) dan UKM Karanganyar, rata-rata harga cabai rawit merah di lima sampel pasar tradisional per Selasa (23/3/2021), muai terjadi penurunan dengan kisaran Rp110.000 per kilogramnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya