SOLOPOS.COM - Ilustrasi bitcoin. (Detikinet/DWnews)

Solopos.com, JAKARTA --  Bitcoin adalah sasaran investasi yang belakangan makin diminati lantaran harga terus meroket. Terbaru, nilainya menurut Forbes mencapai rekor US$63.000 atau di kisaran Rp921 juta.

Bahkan ada prediksi nilai bitcoin bisa tembus sampai US$400.000 atau Rp5,8 miliar di akhir tahun ini. "Sekarang, di saat beberapa analis mencoba melihat sampai mana topnya, seorang analis Bloomberg memprediksi harga Bitcoin bisa tembus US$400.000 tahun ini," sebut Forbes yang dikutip Detikinet,Kamis (15/4/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bloomberg dalam Crypto Outlook edisi April 2021 memang memberikan proyeksi harga paling tinggi dibandingkan yang lainnya. Sang analis bernama Mike McGlone menilai ramalan teknis bitcoin di 2021 tetap kuat menuju ke atas, dengan melihat juga pola di masa silam.

Baca Juga : Elon Musk Sebut Tesla Kini Dapat Dibeli Dengan Pakai Bitcoin

Mengutip CNBC Indonesia, target harga tersebut lebih tinggi dari Citibank sebesar US$318.000/BTC atau Rp4,6 miliar per koin. Proyeksi dari Bloomberg tersebut berdasarkan perhitungan sejarah pergerakan Bitcoin, yang dianalisis dengan beberapa faktor seperti likuiditas, volatilitas, serta jumlah bitcoin yang ditambang.

Analis dari Bloomberg juga mengatakan jumlah pelaku pasar yang ingin menjual bitcoin saat ini lebih rendah dari biasanya, banyak yang lebih memilih menyimpannya dalam waktu yang lama. Maklum saja, penerimaan bitcoin kini semakin meluas.

Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk elektronik, disebut juga sebagai mata uang virtual, mata uang digital, atau mata uang kripto (crypto currency), sehingga tidak ada bentuk fisiknya sama sekali. Selain bitcoin, mata uang digital lain yang populer misalnya ethereum.

Baca Juga : Ini Perbedaan Bitcoin Dengan Libra Buatan Facebook

Tidak ada koin Bitcoin seperti mata uang konvensional. Bitcoin, sama seperti mata uang digital lainnya, disimpan di internet. Meski tidak ada wujudnya seperti mata uang Rupiah, Bitcoin tetap nyata dan ada. Hanya saja, Bitcoin biasa digunakan untuk transaksi online di internet.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya