SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, BOJONEGORO — Harga beras kualitas premium di Bojonegoro, Jawa Timur, merangkak naik menjadi Rp9.600/kilogram, yang sebelumnya Rp9.400/kilogram, sejak sepekan lalu, disebabkan panen tanaman padi masih langka di daerah setempat.

Seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro Eny Rachmawati, di Bojonegoro, Jumat, menjelaskan kenaikan harga beras kualitas premium panenan baru, karena panen tanaman padi di daerahnya juga Tuban, tidak luas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada panen tanaman padi tapi tidak luas. Ya yang saya ketahui ada panen tanaman padi di Kecamatan Balen, Bojonegoro,” ujarnya.

Hal senada disampaikan seorang pedagang beras juga di pasar setempat Sakip, yang menyebutkan harga beras kualitas premium akan merangkak naik, tapi kenaikannya tidak akan tinggi.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebab, lanjut dia, stok beras di pedagang masih banyak, disebabkan pedagang tidak bisa mengirim beras ke Bulog Subdivre III Bojonegoro.

“Bulog tidak melakukan pembelian beras sudah beberapa waktu lalu. Stok berasnya masih banyak yang bisa dikeluarkan sewaktu-waktu kalau memang dibutuhkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia memperkirakan kenaikan harga beras kualitas premium tidak akan tinggi, karena selain stok beras masih banyak, juga akan segera panen raya tanaman padi pada Maret.

Untuk beras buwuhan, naik menjadi 9.000/kilogram, yang sebelumnya Rp8.800/kilogram dan beras kualitas medium naik Rp8.600/kilogram, yang sebelumnya Rp8.300/kilogram.

Meski harga beras kualitas premium naik, menurut Eny juga Sakip, harga beras paket produksi lokal, juga Tuban, tetap stabil.

Data di Pasar Banjarjo dan Pasar Kota menyebutkan harga beras paket merek Terate Rp11.500/kilogram, Mahkota Rp11.000/kilogram, Lumbung Padi Rp10.600/kilogram, Sepakat Rp10.600/kilogram, dan Lele Rp9.600/kilogram.

Harga jagung merah Rp5.800/kilogram, jagung putih Rp6.000/kilogram, kacang hijau Rp9.000/kilogram, kacang tanah Rp21.000/kilogram, gula Rp9.200/kilogram, telur Rp23.500/kilogram, minyak curah Rp9.000/liter, bawang putih Rp15.000/kilogram dan bawang merah Rp20.000/kilogram.

“Harga sejumlah komoditas cenderung stabil. Tapi pemantauan harga tetap kami lakukan sevara rutin,” kata Pejabat Pelaksana Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro Agus Hariyana.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya