SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Kementerian Perdagangan mencatat harga beras di pasar masih menunjukan tren peningkatan harga. Bahkan hingga pekan pertama September 2011, harga beras umum berada di posisi Rp 9.535 per kilogram. Demikian disampaikan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo, di kantornya, Rabu (14/9).

Data Kemendag, juga menyatakan, harga beras rata-rata bulan Agustus mengalami kenaikan Rp 9.296 per kilogram menjadi Rp 9.504 per kilogram. Kenaikan disebabkan oleh permintaan puasa dan lebaran. Siklus musiman berakhirnya panen raya di beberapa sentra produksi dan minimnya pertumbuhan produksi beras. Berdasarkan ARAM (angka ramalan) II yang hanya meningkat 2.4%. Untuk itu dalam mengantisipasi kenaikan harga beras, pemerintah menginstruksikan Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar (OP) di seluruh wilayah Indonesia. Operasi pasar akan diprioritaskan pada daerah yang kenaikan harganya paling tinggi. [dtc/dtp]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya