HARGA BBM : Sembako di Solo Melejit!

 Ilustrasi kebutuhan pokok (Dok/JIBI)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebutuhan pokok (Dok/JIBI)

Harga BBM naik per 28 Maret 2015. Kenaikan BBM diikuti kenaikan harga sembako.

Solopos.com, SOLO — Harga bahan pokok di pasar tadisional di Solo melejit setelah pemerintah kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu (28/3/2015).

Harga kebutuhan pokok tersebut ikut terkerek lantaran biaya pengiriman barang bertambah akibat kenaikan harga BBM.

Pantauan Solopos.com di Pasar Legi, Senin (30/3/2015), kenaikan harga bervariasi mulai Rp500 hingga Rp3.000. Kenaikan harga mulai terjadi sehari setelah pemerintah menaikkan harga BBM.

Salah satu pedagang di Pasar Legi, Sri Rahayu, mengatakan sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga tersebut di antaranya adalah bawang merah, kacang tanah dan merica. Bawang merah yang sebelumnya Rp25.000/kilogram (Kg), kini naik Rp3.000 menjadi Rp28.000/Kg.

Sementara, bawang putih yang dulunya Rp14.000/Kg, kini naik menjadi Rp15.000/Kg, kacang tanah yang semula Rp18.000/Kg kini naik menjadi Rp19.000/kg, sedangkan merica yang semula Rp160.000/Kg, kini naik menjadi Rp175.000/Kg.

“Kalau BBM naik, mesti harga sembako ikut naik. Kenaikan itu mulai terjadi Ahad kemarin. Paling mahal itu bawang merah yang dulunya Rp25.000/Kg kini menjadi Rp28.000/Kg,” jelasnya kepada wartawan di lokasi, Senin.

Akibat kenaikan harga tersebut, Sri Rahayu mengaku tidak berani kulakan dengan jumlah yang banyak. Pasalnya, kenaikan harga BBM berdampak pada daya beli masyarakat. Semula, dia biasa kulakan lima kuintal, kini dia hanya berani dua kuintal.

Gula Pasir

Sementara, kenaikan harga juga terjadi pada gula pasir dan gula jawa. Salah satu pedagang, Darsono, mengatakan harga gula pasir yang semula Rp9.500/Kg, kini naik menjadi Rp10.000/Kg, sedangkan gula jawa yang semula Rp11.000 Kg, naik menjadi Rp12.000/Kg.

“Bahkan, kalau ngecer gula pasir begitu bisa lebih dari Rp10.000/Kg. Kenaikan harga ini membuat pengecer macet dan pembelinya turun drastis. Biasanya sehari itu bisa laku dua kuintal, sekarang malah kadang blong enggak ada yang beli,” ujarnya.

Selain itu, harga sejumlah sayuran juga mengalami kenaikan. Sayur buncis yang semula Rp3.000/Kg, kini menjadi Rp5.000/Kg, kubis yang semula Rp2.000/Kg, kini naik menjadi Rp3.000/Kg, tomat yang semula Rp5.000/Kg kini naik menjadi Rp7.000/Kg, kembang kol yang semula Rp8.000/Kg kini naik drastis menjadi Rp15.000/Kg.

Kendati demikian, ada pula sejumlah bahan pokok yang masih stabil dengan harga lama. Harga beras C4 super masih stabil tinggi di kisaran Rp11.800/Kg, raja lele Rp11.000/Kg, mentik wangi Rp11.000/Kg, daging ayam potong Rp26.000/Kg, telur Rp14.500/Kg, cabai rawit merah Rp23.000/Kg, cabai teropong Rp14.000/Kg.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Rusak Gembok, Pasutri di Ponorogo Mencuri di Toko Dua Kali

Pasangan suami ini dua kali berturut-turut mencuri di sebuah Toko di Desa Brahu, Kecamatan Siman, Ponorogo.

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Kegiatan vaksinasi yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga.