SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor dan mobil tampak mengantre di SPBU Pokoh, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (3/9/2022) sekitar pukul 16.00 WIB. (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI — Harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax resmi naik, Sabtu (3/9/2022) sore pada pukul 14.30 WIB. Kenaikan terjadi di seluruh Indonesia, termasuk sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Wonogiri.

Warga asal Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Luki, mengaku, sebelum harga BBM resmi dinaikkan, ia sempat membeli BBM Pertalite di SPBU Pokoh, Kecamatan Wonogiri, Sabtu, sekitar pukul 12.00 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kala pembelian itu, harga BBM Pertalite masih senilai Rp7.650/liter.

“Saya tadi siang menuhin bensin sepeda motor saya masih harga lama, Rp7.650/liter. Tapi sekarang infonya udah naik,” ujar Luki kepada Solopos.com, Sabtu.

Pantauan Solopos.com di SPBU Pokoh, Sabtu, sekitar pukul 16.00 WIB, harga tiga jenis BBM sudah dinaikkan. Hal serupa juga terjadi saat Solopos.com menyambangi SPBU Brumbung, Kecamatan Selogiri.

Baca juga: SPBU di Sragen Mulai Terapkan MyPertamina Secara Bertahap

Di papan depan dua SPBU tersebut, harga BBM Pertalite tertulis angka Rp10.000, Pertamax 92 Rp14.500, Pertamax Turbo 98 Rp15.900, dan Pertamina Dex Rp17.400.

Harga BBM Pertalite dan Pertamax 92 yang tertulis itu sesuai dengan harga baru yang diumumkan pemerintah beberapa waktu lalu.

Meski harga BBM Pertalite, Solar, dan Pertamax, resmi dinaikkan, namun hal itu tak menyurutkan antrean mobil dan motor di dua SPBU tersebut. Pasalnya, mereka tetap membutuhkan BBM untuk bahan bakar kendaraannya.

Salah satu pengendara motor yang mengantre di SPBU Pokoh, Siti, mengaku tak terlalu mempersoalkan kenaikan harga BBM yang baru saja diumumkan pemerintah. Sebagai pengguna setia Pertalite, ia mengatakan pasrah dengan kenaikan harga tersebut.

“Mau Pertalite naik terserah. Yang penting jangan langka,” ucapnya.

Baca juga:  Jalan Baik Selain Menaikkan Harga BBM Bersubsidi

Sebelumnya diberitakan, pengumuman kenaikan harga BBM Pertalite, Solar, dan Pertamax, langsung disampaikan oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif dalam konferensi pers bersama Presiden Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sabtu, pukul 13.30 WIB.

“Pertalite naik dari Rp7.650 menjadi Rp10.0000, Solar Rp5.150 menjadi Rp6.800, dan Pertamax dari Rp12.500 menjadi Rp14.500. Mulai berlaku sejak satu jam setelah ini diumumkan,” beber Arifin Tasrif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya